Main Game Bajakan Nintendo 3DS Menggunakan Sky3DS

I write this tutorial and review in Indonesian.

Saya merupakan penggemar game console, 3ds dan ps vita selalu menemani saya kemanapun saya pergi untuk menghilangkan rasa suntuk jika harus menempuh perjalanan yang jauh. Sebelumnya saya selalu membeli game ori untuk dimainkan di ke dua handheld console tersebut karena tidak tersedianya game bajakan ( khusus 3ds, dari dulu sih emang ada flashcart gateway, tetapi dikarenakan aturan yang terlalu ribet seperti kita memakai 2 buah flashcart, tidak boleh update OS, dll, saya pun urung menggunakan Gateway ). Tetapi praktik membeli game ori sangat cepat membuat kita bangkrut, paling kuat saya bisa membeli 2 title game saja tiap bulan ( kisaran 300 – 600 rb per judul ).

Setelah lumayan lama saya tinggalkan nintendo 3ds, tiba2 beredar sebuah flashcart bajakan sky3ds yang mudah digunakan dan sejauh tulisan ini dibuat compatible dengan firmware yang paling baru dan banyak game. Saya membeli sky3ds saya di sebuah toko di mal mangga dua jakarta seharga Rp. 850.000.- saja. Sky3ds tersebut adalah versi paling baru dengan tombol berwarna biru.

Keunggulan sky3ds dibandingkan dengan gateway adalah di sisi kemudahan pemakaiannya, kompatibilitas game dan firmware yang sangat baik sekali, bahkan bisa support N3ds dengan game paling baru sekalipun. Hal tersebut dimungkinkan karena sky3ds meniru kerja cartridge original, tidak seperti gateway yang menggunakan kelemahan pada firmware untuk bisa bermain game bajakan.

Kelemahan terbesar sky3ds adalah jika kita memiliki 3ds region EUR atau JPN, maka kita tetap saja tidak bisa memainkan game dari region lain ( tetapi menurut website official sky3ds, flashcart ini compatible dengan regionfour yang memungkinkan kita memainkan game dari region lainnya ), disamping itu kita tidak bisa memainkan game homebrew atau buatan sendiri, cheating dan kita tidak bisa memainkan game menggunakan rom yang telah di modifikasi. Walaupun akan bisa dilakukan tanpa masalah, saya pribadi tidak menyarankan untuk memainkan game bajakan secara online, karena sky3ds meniru kerja flashcart original, server game tersebut akan mendeteksi bahwa kita sedang menggunakan flashcart game bajakan ( karena cartridge ori tidak mungkin dapat di mainkan oleh 2-3 user yang berbeda ).

Sky3ds sangat cocok untuk dipakai oleh saya pribadi, karena kebetulan firmware 3ds saya sudah di update ke versi paling baru ketika saya membeli game pokemon Y original, serta saya tidak butuh fitur cheating dan lainnya, saya cuma butuh penghematan anggaran membeli game saja.

Untuk teman-teman yang masih kebingungan karena banyak penjual yang tidak memberikan penjelasan mengenai cara pemakaiannya, disini akan saya ulas dengan se-jelas-jelas nya.

Perlengkapan yang diperlukan :

  1. Flashcart Sky3ds dengan tombol biru ( harap perhatikan tombol pada sky3ds kita sebelum membeli, ada 3 versi sky3ds yaitu yang awal tanpa tombol yang hanya bisa dimasukkan satu game saja, versi ke 2 dengan tombol berwarna merah yang bisa dimasukkan paling banyak 10 game dan tidak bisa diganti lagi, dan yang paling baru dengan tombol biru yang bisa memainkan game berapapun itu tanpa batas )
  2. Card Reader kualitas baik
  3. MicroSD direkomendasikan class 10 16 gb karena kita akan melakukan copy file dengan ukuran rata-rata diatas 2gb ke dalam microsd tersebut. Saya pribadi menggunakan sandisk ultra 16gb class 10 yang saya beli di mangga dua juga seharga Rp. 92.000.-
  4. ROM 3DS yang belum di modifikasi / original dump, biasanya format nya *.3ds, jangan menggunakan ROM yang telah di undub, modifikasi, dll karena sky3ds tidak akan dapat memainkan ROM yang seperti itu. ( saya tidak dapat menulis di blog ini dimana saya mendapatkan ROM tersebut, tetapi silahkan tinggalkan email anda di comment )
  5. Aplikasi Diskwriter versi paling baru 2.02b1 pada saat tulisan ini di buat. Pastikan anda telah meng install .NET framework 4.0 sebelum menjalankan aplikasi tersebut.
  6. File Template yang bisa di download disini, ekstrak file template beserta file settings.ini ke dalam folder yang sama dengan aplikasi diskwriter.

Setelah semua perlengkapan di atas sudah di dapatkan, masukkan MicroSD pada card reader dan jalankan aplikasi diskwriter yang telah di download sebelumnya. Berikut langkah-langkah untuk memasukkan game ke dalam MicroSD :

  1. (PENTING) Jalankan aplikasi diskwriter dengan klik kanan “run as administrator”
  2. Pilih slot disk drive, Di komputer saya adalah disk drive dengan tulisan “Generic-Multi-Card USB Device \\.\PHYSICALDRIVE3”, lalu klik GO!
  3. Setelah interface diskwriter v.2.02 terbuka, klik options lalu “change template”, lalu klik file template.txt yang telah anda download dan ekstrak sebelumnya. Perhatikan tulisan di kanan bawah interface diskwriter, jika benar tulisannya akan berubah menjadi “Template File ( template0507.txt)” <<– saya menggunakan versi template 0507. File template sangat cepat update nya.
  4. [UNTUK MICROSD BARU] Klik FILE lalu FORMAT.
  5. Langkah selanjutnya cukup mudah, klik file lalu write untuk mulai melakukan copy game ke dalam microsd. ( jika keluar warning invalid game header will be replaced, klik yes saja ).
  6. Sky3ds anda siap dimainkan.

Cara menggunakan flashcart ini adalah tinggal memasukkan flashcart tersebut ke dalam slot cartridge pada 3ds kita, untuk pindah ke game lain, pertama quit game lalu tekan tombol biru yang ada pada flashcart tersebut, maka lampu pada sky3ds akan berkedip2 sebentar dan game yang telah di load di flashcart ini akan berubah.

Kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan :

  1. Tidak melakukan instalasi .NET FRAMEWORK 4.0+
  2. Menjalankan diskwriter tanpa menggunakan perintah “RUN AS ADMINISTRATOR”
  3. Merek microsd sandisk merupakan pilihan yang paling baik menurut beberapa forum internasional
  4. file ROM adalah versi undub / editan
  5. file ROM bukan jenis *.3ds

Terakhir, game yang telah dimasukkan ke dalam microsd sky3ds bersifat permanen, dengan menghapus game tidak akan memberikan sisa free space yang telah di alokasikan sebelumnya. Salah satu solusi untuk memberikan kembali sisa free space adalah menggunakan perintah file lalu optimiser, yang akan secara otomatis melakukan backup game, format dan write ulang yang akan memakan waktu lama ( sekitar 2 jam untuk microsd 16gb ). Oleh karena itu saya sarankan menggunakan 2 buah microsd. Yang satu yang berukuran 16 – 32gb untuk game favorit yang sudah pasti akan kita mainkan lama, yang satu berukuran kecil 8gb untuk mencoba game-game baru yang telah kita download, karena ukuran nya kecil dan untuk percobaan saja, microsd tersebut boleh kita format sesuka hati.

Sebenarnya selain fungsi-fungsi di atas, masih ada fungsi backup save game dan beberapa fungsi lain yang tidak akan saya bahas di tulisan ini, backup save game amat berguna bagi pemain pokemon, klik di artikel ini :  Backup dan Restore Save Game 3DS

Update Penting!, untuk yang belum memiliki Sky3DS mungkin ini saatnya untuk menunggu sebentar supaya harga Flashcart Sky3DS turun.  klik artikel ini : Sistem Anti Piracy Baru Mematikan Sky3ds

Update Penting ke-2 : Sky3DS+ generasi ke dua dari Sky3ds telah di launching