SANDISK Cruzer Extreme USB 3.0 16GB Review

Sandisk Cruzer Extreme 3.0 16GB merupakan flashdisk favorit saya untk pemakaian sehari-hari.

Flashdisk satu ini mempunyai bentuk yang tidak terlalu kecil ( 7 cm dengan posisi slider tertutup ). Bodi flashdisk berbahan plastik matte di bagian samping, belakang dan glossy pada slider dan tengah. Desain nya elegan dan sangat profesional, dengan led warna biru ketika di colokkan ke port USB.

Konektor USB 3.0 tanpa tutup, dengan slider ber pegas yang akan nendang ke atas atau narik kebawah sendiri pada saat kita geser, tidak seperti slider konvensional pada flashdisk yang lain. Konektor seperti ini walaupun praktis karena tidak usah menyimpan tutup, tetapi saya pribadi sebenarnya bukan fans flashdisk slider, prinsip saya semakin banyak komponen bergerak pada sebuah hardware maka hardware tsb akan lebih cepat rusak. Pertama kali saya colokkan ke port USB, konektor USB flashdisk ini terasa longgar dan tidak bisa di masukkan ke dalam port, tetapi setelah diteliti lebih lanjut, ketika kita memasukkan flashdisk ini ke dalam port usb, slider nya tidak perlu ditahan seperti flashdisk dengan slider konvensional. Slider di flashdisk ini mempunyai mekanisme pengunci sehingga jika kita menahan tombol slider sambil mencolokkan flashdisk ke dalam port, mekanisme pengunci tersebutbl tidak bisa bekerja. Hal ini mengubah penilaian minus saya sebelumnya. Ternyata fisik dan mekanisme flashdisk slider sandisk ini di desain dengan sangat baik.

Yang paling penting dari sebuah flashdisk usb 3.0 dengan kapasitas 16 gb ini adalah kecepatan baca dan menulis data. Format yang saya gunakan disini exFat, karena saya akan menyimpan data diatas 4GB, tetapi saya selalu menghindari pemakaian NTFS pada flashdrive karena filensystem tersebut sebenarnya tidak di optimal digunakan untk flash disk ( file permissions yang memakan banyak space, beberapa fitur NTFS yang dapat memperpendek usia pemakaian flash disk, serta masalah dengan file yang dicopy dari encrypted volume NTFS jika di aktifkan pada komputer asal ). Disamping exFAT, saya menggunakan bitlocker pada flashdisk ini.

Kecepatan baca single file ukuran 3.8 gb mencapai 164 MB/s dan memakan waktu 25 detik untuk di copy ke hdd internal.
Kecepatan tulis single file ukuran 3.8 gb mentok di 60 MB/s dan memakan waktu 75 detik untk ditulis ke flashdisk ini, mengingat bitlocker dalam posisi hidup, kecepatan tulis flashdisk ini masih tergolong sangat cepat.

Kecepatan tulis multiple file ( 33,500 items, 700 MB ) fluktuatif dan memakan waktu sekitar 5 menit 23 detik.
Kecepatan baca multiple file sesuai konfigurasi diatas fluktuatif dan memakan waktu sekitar 2 menit.

Dari hasil coba copy dan baca, saya menyimpulkan bahwa flashdisk ini merupakan flashdisk dengan performa paling cepat yang pernah saya pakai. Untuk masalah ketahanan dan integritas belum bisa disimpulkan mengingat pemakaian saya yang hanya beberapa bulan ini. Recommended banget jika anda membutuhkan flashdisk dengan performa yang cepat, untuk menyimpan data berukuran besar atau menjalankan aplikasi portable dari flashdisk ( FYI bitlocker menurunkan performa flashdisk sampai dengan 20% karena enkripsi yang dijalankannya ).

Menyoal harga, saya mendapatkan flashdisk ini di toko komputer di mangga dua dengan harga Rp. 185.000.- mencapai 2x lipat harga flashdisk 16gb standar. Harga segitu bisa dapat flashdisk 32gb standar, tetapi storage besar tanpa kecepatan copy dan baca yang cepat sama dengan tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

sekian review yang berantakan ini.