Beberapa alasan pengguna Samsung Galaxy Note 3 tidak perlu melakukan upgrade ke Note 4 / 5

Saya merupakan pemakai samsung galaxy note sejak pertama diluncurkan. Saya menyenangi seri note karena spesifikasi nya yang selalu paling tinggi di pasaran, layar dan kamera dengan teknologi paling baik dan stylus wacom dengan fungsi yang sangat baik sekali.

Selama beberapa tahun saya memiliki note 1, 2 dan 3… Tetapi saya berhenti melakukan upgrade di Note 3 ketika Note 4 di launching.

Sebelum saya melakukan upgrade ke note 4, saya berpikir : “apakah saya butuh smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang saya pakai skrg?”, “apa keunggulan galaxy note 4 dibandingkan dengan 3?”. Hal pertama yang saya bandingkan adalah note 4 memiliki layar dengan resolusi dan pixel density yang lebih tinggi. Kamera dengan megapixel yang lebih besar, tetapi saya tidak yakin kualitas nya akan bisa selisih terlalu banyak. Kemudian Note 4 mempunyai Prosesor yang seharusnya lebih cepat daripada seri pendahulu nya. Terakhir, yang paling mencolok adalah dipakai nya body dari besi, bukan plastik seperti yang samsung pakai selama ini.

Disamping semua upgrade itu, versi Indonesia tidak mempunyai 4G LTE, saya berpikir, sungguh buang duit di saat semua provider beralih ke 4G, saya membeli smartphone yang tidak mempunyai kapabilitas 4G. Selain itu, tidak ada koneksi USB 3.0 untuk Galaxy Note 4. Bayangkan saja smartphone dengan internal memory 32-64gb dengan layar bening resolusi tinggi, tapi di saat saya mau copy film resolusi tinggi untk di tonton dari komputer (film bluray 1089 rip kisaran 8GB per satu file), saya harus menunggu proses copy setengah jam untuk satu film. Setelah dipikirkan matang-matang, Note 4 bukan pilihan yang baik untuk saya pemakai note 3.

Bagaimana dengan Samsung Galaxy Note 5?.. Walaupun saya belum melihat dan mencoba perangkat nya secara langsung, saya membaca bocoran bahwa Galaxy Note 5 tidak dilengkapi dengan baterai yang bs di cabut, tidak dilengkapi dengan slot microsd. Untuk 4G dan USB 3.0 belum diketahui, tetapi dengan hilang nya 2 fitur tersebut, amat sangat cukup untuk mengurungkan niat saya dalam melakukan upgrade ke note 5. Kelihatannya samsung mulai mengambil jalan apple, dimana mereka yang menentukan kepada user apa yang diperlukan dan apa yang tidak diperlukan. Saya tidak senang dengan hal tersebut, oleh karena itu saya tidak akan melakukan upgrade ke Note 4 ataupun 5.

Sejauh ini Galaxy Note 3 tidak pernah mengecewakan saya, tidak ada satu pun aplikasi atau game yang tidak bisa dijalankan dengan lancar, kamera yang tertanam pada note 3 saya masih terhitung sangat baik dibandingkan dengan kamera hp lainnya, RAM 3GB membuat hp ini tidak pernah stutter atau melambat pada saat digunakan. Satu-satu nya complain adalah Galaxy Note 3 yang saya beli di Indonesia ini bukan versi 4G.