Sistem Anti Piracy 3DS Mematikan Sky3ds

piracy-stop
Setelah artikel saya yang sebelumnya Main Game Bajakan Nintendo 3DS Menggunakan Sky3ds dan Backup dan Restore Save Game Sky3ds. Belakangan ini muncul rumor bahwa game-game terbaru tidak dapat dimainkan dengan Sky3ds karena Nintento telah mengimplementasikan sistem Anti Piracy 3DS / Anti Pembajakan baru yang di sematkan di dalam game tersebut.

Sistem anti pembajakan baru ini tidak di masukkan ke dalam firmware, tetapi langsung ke dalam game cart tersebut, hal ini mungkin karena sistem kerja Sky3dS yang langsung melakukan simulasi meniru flashcart game asli sehingga proteksi pada firmware tidak dapat melacak adanya game bajakan kecuali jika kita mencoba melakukan online gaming. Implementasi Anti Piracy yang baru ini di asumsikan bekerja dengan cara game tersebut mengecek apakah kode game cart yang akan dijalankan dan yang terdaftar cocok atau tidak. Jika tidak cocok game tersebut tidak akan bisa jalan.

Jika kita melihat pada website Sky3ds, mereka tidak ada komentar atau berita apa-apa mengenai kelemahan yang besar ini, malah mereka mengklaim bahwa Sky3ds masih dapat berjalan lancar pada firmware Nintento 3DS terbaru. Hal tersebut wajar karena Sky3ds memang bisa berjalan lancar pada firmware terbaru, tetapi di blokir oleh sistem anti piracy sebagian game. Sekarang ini sih cuma sebagian kecil game baru yang menggunakan sistem ini, tetapi tidak tertutup kemungkinan ke depan nantinya Nintendo akan menggunakan sistem ini untuk semua game yang mereka rilis.

Beberapa game yang sampai sekarang di laporkan tidak dapat dimainkan dengan Sky3ds menurut laporan-laporan :

  1. Animal Crossing : Happy Home Designer
  2. Pokemon Super Mystery Dungeon
  3. Legend Of Zelda Triforce Hero

Saran saya bagi anda yang baru saja mau membeli flashcart Sky3ds sebaiknya di tahan dulu sejenak, apakah pihak Sky3ds akan mengeluarkan flashcart baru yang bisa melewati sistem Anti Piracy atau development Sky3ds akan terhenti dan harga flashcart Sky3ds akan terjun bebas, sehingga kita dapat membeli nya dengan harga miring dan tetap dapat memainkan game-game lama. Sebenarnya lumayan banyak judul game lama yang seru yang masih dapat dimainkan dengan Sky3ds, malah masih ada satu sampai dua judul baru yang masih bisa dimainkan dengan Sky3ds.