Bermain Game Bajakan di PS Vita

vitahack

Update 28 Oktober 2016 : Kita Telah Resmi dapat Bermain Game Bajakan di PS Vita. Silahkan cek posting dibawah

Salah satu syarat untuk menjalankan Henkaku adalah PS Vita anda HARUS berada pada Firmware 3.60 ( punya saya 3.57 jadi masih bisa dilakukan update manual ke 3.60 ). Jangan sekali-sekali melakukan Automatic Update jika firmware anda masih dibawah 3.60, dengan melakukan auto update, PS Vita akan langsung naik ke firmware 3.61 yang tidak bisa menjalankan aplikasi Henkaku. Saya akan menulis tentang Cara Update Manual PS Vita ke Firmware 3.60 dalam waktu dekat.

Update 11 Oktober 2016 : Update Manual PS Vita ke Firmware 3.60

Update 11 Oktober 2016 : Tutorial Cara Instalasi Henkaku di PS Vita

Update 28 Oktober 2016 : Cara Transfer dan Install Game Bajakan ke PS Vita VPK

 

Saya merupakan seorang penggemar berat game, apakah itu game handheld atau game PC dan Console. Saya memiliki PS VITA keluaran paling awal yang di beli satu hari setelah launching di US ( PCH-1000 Versi 3G + WIFI ). Pertama di beli sungguh besar harapan untuk bisa memainkan game bajakan di PS VITA tersebut.

Tetapi setelah 3 tahun menyusuri forum, membaca berita, melihat judul-judul game yang di rilis oleh Sony. Saya pun menyadari bahwa Bermain Game Bajakan di PS Vita sampai tulisan ini dibuat masih belum di mungkinkan. Di beberapa forum memang ada di singgung soal hacking ps vita sehingga bisa menjalankan game homebrew atau buatan sendiri. Tetapi menurut pengakuan mereka yang berkecimpung dalam hal tersebut, memainkan game PS VITA melalui ROM yang di dump tidaklah bisa dilakukan.

Secara awam, PS Vita seperti sebuah brankas dengan sekuriti yang amat ketat dan benar-benar sulit untuk di jebol. Enkripsi file ROM berlapis dan sekuriti yang mumpuni itu membuat para hacker yang berkecimpung dalam hacking PS Vita paling jauh hanya dapat melakukan unlock untuk bermain game PSP iso / PS1 / PS2 di PS Vita. Itu juga dapat dilakukan dengan proses panjang dan amat sangat melelahkan. Saya pribadi tidak interest sama sekali dalam proses tersebut karena saya masih memiliki PSP yang dapat berfungsi untuk memainkan game psp, ps1 dan ps2. Coba Search Google PS Vita ARK, PS Vita Rejuvenate jika ada yang tertarik untuk mengikutinya.

Setelah berselang 3 tahun saya memiliki PS Vita, saya pun menyimpulkan bahwa saya tidak butuh Game Bajakan di PS Vita sama sekali. Console ini minim game, tidak banyak judul baru eksklusif yang ada di console ini. Rata-Rata hanya game refurbish atau daur ulang dari game lama, ataupun game multi console yang bisa ditemui di sistem lainnya ( Favorit saya saat ini adalah Toukiden kiwami original ). Penjualan handheld yang satu ini juga tidak terlalu baik, engga tahu karena tidak bisa bermain game bajakan atau apa alasannya, padahal jika dibandingkan dengan 3DS secara spesifikasi dan kualitas, PS Vita merupakan console handheld yang benar-benar bagus. Jadi saran saya untuk yang sudah membeli PS Vita dan berharap bermain game bajakan. Mending urungkan saja niatnya, solusi nya paling jual beli game second dengan harga miring aja atau gunakan fasilitas barter melalui forum KasKus