Cara Cek ROM 3DS Anti Piracy

Di artikel sebelumnya, Anti Piracy Mematikan Sky3DS, saya pernah menulis tentang implementasi 3DS Anti Piracy oleh pihak Nintendo yang akan mematikan FlashCart Sky3ds. Sistem kerja nya adalah Game 3DS tersebut diselipkan sebuah flag Anti Piracy.

Pemakai Sky3DS amat bermasalah dengan Anti Piracy tersebut karena sistem sky3ds yang meniru fungsi orisinal FlashCart sehingga flag 3DS Anti Piracy tersebut tetap harus dimasukkan ke dalam Sky3DS, Flashcart Sky3DS tidak dapat menggunakan ROM yang telah di patch / modifikasi. Berbeda dengan pemakai Gateway yang dapat dengan mudah menjalankan ROM hasil modifikasi tanpa flag, CIA, dll.

Sebelumnya dijelaskan bahwa banyak game baru yang sekarang ini memakai flag 3DS Anti Piracy, tetapi ternyata masih banyak juga game baru yang tidak memakai flag Anti Piracy. Disini akan dijelaskan cara memakai program kecil yang bernama Crappy Tiny Reader untuk mengecek apakah flag Anti Piracy yang ditakuti pemakai Sky3DS diselipkan ke dalam game.

  1. Pertama-tama lakukan download program tersebut di LINK INI ( Nama File CTR v.x.x.x ) atau di MIRROR ( Google Drive )
  2. Unzip dan jalankan program tersebut. ( Program kecil tersebut membutuhkan .net framework untuk di jalankan )
  3. Klik “LOAD ROM”, dan pilih ROM yang kita kehendaki
  4. Akan muncul tab informasi dasar seperti serial, title id, ukuran ROM, firmware, region dll pada tab 3DS. Program ini sebenarnya amat berguna jika kita sering melakukan download atau jika kita membeli file ROM di luar. Untuk mengetahui REGION ROM dan apakah ROM yang kita download / beli itu error atau tidak.
  5. Klik pada tab “partitions”

CRT

Jika bagian Cart AP Check : Nothing Found.
Itu berarti file ROM 3DS itu dapat dimainkan menggunakan sky3ds tanpa ada masalah sama sekali.