Review Label Printer Brother QL-700

Printer label adalah printer yang khusus di desain untuk mencetak sticker label dengan cepat dan praktis. Printer label dapat digunakan untuk mencetak label alamat pada surat, undangan, tiket exhibition, dll. Berbeda dengan label Tom and Jerry yang repot banget dipakai jika kita akan menggunakan printer ( harus download template, alignment yang suka kacau, hasil print tidak tahan air, dll ).

Yang telah saya pakai adalah printer Label Brother QL-700. Printer ini merupakan printer label keluaran brother yang menggunakan teknologi thermal transfer, sehingga tidak diperlukan tinta tambahan untk mencetak label. Berikut spesifikasi printer label tersebut :

Metode Print  Direct Thermal
Pemotong  Otomatis
Max Print Speed  Sampai dengan 93 label per menit
Jenis Label  Label satuan dan continous
Lebar Label Maksimum  6.096 CM
Lebar Print Maksimum  5.842 CM
Resolusi Maksimum  300 x 600
Tipe Barcode  CODE39, CODE128, UCC/EAN128(GS1-128), ITF(I-2/5),
CODABAR(NW-7), UPC-A, UPC-E, EAN13,
EAN8, ISBN-2(EAN13 AddOn2), ISBN-5(EAN13 AddOn5),
Laser Barcode, POSTNET, RSS(RSS14 Standard, RSS14 Truncated,
RSS14 Stacked, RSS14 Stacked Omni, RSS Limited, RSS Expanded,
RSS Expanded Stacked), PDF417(Standard, Truncate, Micro),
QR code(Model1, Model2, Micro), Data Matrix(ECC Square, ECC Rectangular),
MaxiCode(Model2, Model3, Model4, Model5),
GS1 Databar Composite, Aztec Barcode
Database Kompatibel  csv, txt, mdb, xls (Windows®) / csv, txt (Mac®)
Konektivitas  USB
Dimensi  12,7 CM x 22.09 CM x 15.24 CM

Dalam segi ukuran, printer ini termasuk ringkas, dengan lebar 12,7 cm, panjang 22,09 cm dan tinggi 15,24 cm printer ini dapat ditaruh di atas CPU atau di samping monitor tanpa mengganggu sama sekali. Kecepatan print sampai 93 label per menit lumayan cepat untuk print volume besar.

tampak depan

Yang menjadi keunggulan dari printer Brother QL-700 ini adalah di sisi supply nya yang mudah dipasang, jika dibandingkan dengan printer label sejenis yang membutuhkan tinta pita tambahan atau menggunakan label roll yang harus di bongkar pasang, untuk memasang label pada printer ini amatlah mudah, tinggal di buka tempat label nya, masukkan label sesuai dengan indentasi yang sudah disediakan, lalu tarik sedikit label ke depan.

tempat supplysupply

Dengan sistem penggantian label yang begitu mudah, mengganti label dapat dilakukan dalam hitungan detik tanpa kendala sama sekali.

Software brother P-Touch merupakan software print label yang paling lengkap yang saya temui, kita tidak perlu susah-susah mengukur label secara manual, ukuran label terdeteksi secara otomatis. Printer ini dapat bekerja dalam 2 mode :

  1. Mode P-Touch Lite : tidak butuh driver dan aplikasi tambahan untuk dapat mulai mencetak label menggunakan printer ini, colokkan ke power dan USB, jalankan aplikasi p-touch lite autorun dan kita dapat print label dengan cepat di mana saja dan kapan saja.
    PTI-Lite
  2. Mode P-Touch : diakses dengan cara menonaktifkan tombol “edition lite” pada printer, pada mode ini kita bisa mencetak barcode dan alamat dengan database, opsi yang lebih lengkap dan banyak, tetapi memerlukan aplikasi tambahan dan driver.

Satu- satu nya kekurangan printer label ini adalah dia tidak bisa menggunakan label dari produsen lain, kita menjadi tergantung kepada brother untuk menyediakan supply label. Akses ke ukuran label juga terbatas sebagaimana disediakan oleh produsen printer tersebut, dan ketersediaan label juga agak mahal dan kurang lengkap untuk pasar Indonesia. Harga sewaktu saya membeli printer ini adalah kisaran Rp. 1.850.000.- ( agak mahal ).

contoh