Menyediakan Jasa SEO Terjamin Berkualitas

Apakah anda bingung kenapa website anda tidak ada di hasil search google? anda pasti membuka website ini untuk mencari orang yang Menyediakan Jasa SEO. Jika iya, maka pilihan anda sudah tepat. Saya tidak menyediakan jasa SEO, sayang sekali. Tetapi saya akan menuliskan bagaimana cara untuk tidak menghabiskan uang anda dan membayar jasa SEO tetapi tidak mendapatkan hasil yang anda harapkan. Simpan uang anda, gunakan untuk amal dan ibadah.

jasa seo

Jika anda cuma kebetulan masuk ke halaman ini bukan utuk mencari orang yang Menyediakan Jasa SEO, maka sedikit penjelasan mengenai SEO atau Search Engine Optimization adalah :  cara-cara dan aturan supaya website anda bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di Google Search, sehingga para pemakai internet dapat dengan mudah meng akses website anda tersebut. Hal ini amat di buru dan dicari oleh para pengusaha dan pemilik bisnis online maupun offline. Bayangkan saja jika anda menjual “seragam sekolah”, anda pasti ingin website anda bisa berada di peringkat pertama pada saat orang banyak melakukan search dengan kata kunci “jual seragam sekolah”.

Saya banyak mendengar tentang desas desus “Mesin SEO”, “Jasa SEO Instant pasti naik 15 juta sebulan”, dll dsb. Banyak dari client saya yang bertanya kepada saya “Gue ditawari mesin SEO yang bisa bikin web kita naik jadi nomor satu di google” .. Jawaban Saya : “Saya sih ga pernah dengar ada yang begitu, mungkin pengetahuan saya sudah lama tidak update jadinya anggap aja saya bego deh”.

Jadi pertama kita mulai dulu dari statement Google sendiri, “Tidak ada yang dapat menjamin peringkat #1 di Google”. Dan sepanjang pengetahuan saya itu adalah benar, sampai sekarang sistem google itu automated, google bot bergerak dengan aturan-aturan dan algoritma yang sudah tetap dan baku, walaupun kadang-kadang google dapat melakukan update kepada aturan dan algoritma. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, SEO sebenarnya adalah satu set aturan main yang di atur oleh google, dimana satu-satu nya cara untuk mendapat peringkat tinggi pada Search Engine Google adalah dengan mengikuti aturan tersebut.

Aturan #1: Judul Halaman Website anda harus deskriptif, Unik dan Akurat

Judul halaman merupakan yang paling penting dalam SEO. Gunakan judul yang deskriptif, unik dan akurat. Jangan gunakan judul yang terlampau pendek dan umum. Uraikan nama situs anda mencakup sebagian kecil informasi seperti lokasi, atau promo utama. Kata dalam judul HARUS ada di dalam isi / konten halaman tersebut

[su_quote]Seragam BeJo – Menjual Seragam Sekolah Murah dan Berkualitas Jakarta
Kami berpengalaman panjang menjual seragam sekolah anak murah dan berkualitas untuk anak TK, SD, SMP, SMU sejak tahun 1980 di Jakarta Barat

[/su_quote]

Yang perlu dihindari dalam penulisan Judul Halaman:

  1. memilih judul yang tidak berhubungan dengan isi halaman
  2. menggunakan judul yang umum atau aneh seperti “Untitled” atau “New Page”
  3. menggunakan judul yang sama untuk setiap halaman
  4. menggunakan judul yang terlampau panjang. Rekomendasi 40 – 70 Karakter
  5. menggunakan kata kunci yang tidak dperlukan pada judul

 

Aturan #2 : Gunakan meta tag “description”

Meta tag “description” adalah kalimat paragraf pendek dan ringkas untuk menjadi rangkuman dari isi di website / halaman kita. Jika sebuah halaman tidak menggunakan meta tag “description” ini, maka ringkasan website kita yang ditampilkan dalam hasil cari google akan di buat secara otomatis oleh Google, tetapi seringkali ringkasan otomatis kurang menarik dan enak dibaca oleh konsumen. Meta tag “description” adalah satu cara untuk memandu google bot memakai ringkasan / cuplikan yang kita tulis sendiri supaya lebih menarik dan deskriptif di mata konsumen.

Disini saya tulis sebagai memandu, adalah karena apabila ternyata google dengan aturan dan algoritma nya menyatakan meta tag “description” kita tidak relevan, maka google akan tetap memilih untuk melakukan ringkasan / cuplikan otomatis.

Cara yang paling baik untuk menulis meta “description” adalah dengan merangkum konten sebuah halaman website dengan akurat, dan gunakan deskripsi yang berbeda untuk setiap halaman yang berbeda.

Hal-Hal yang harus dihindari dalam penulisan meta tag “description :

  1. Tulis meta tag “description” yang tidak ada hubungan dengan konten halaman
  2. Memakai deskripsi yang terlalu umum dan pendek
  3. Menggunakan hanya kata kunci pada meta tag “description”
  4. Melakukan Copy Paste seluruh konten ke dalam meta tag “description”
  5. Menggunakan meta tag “description” yang sama pada semua halaman di website anda.

 

Aturan ke #3 : Gunakan URL yang mudah dimengerti

Pada saat membuat website / halaman anda, jangan menggunakan kata atau kalimat yang tidak bisa di mengerti seperti “www.contoh.com/2012/21335.html“, atau “www.pusing.com/2015/article01011.html“.

Gunakan nama file yang deskriptif dan berhubungan dengan judul dan konten halaman tersebut. Contoh : “www.kemejabejo.com/kemeja-sekolah-tk.html“.

 

Aturan ke #4 : Tambahkan Link dengan baik

Ini merupkan hal yang banyak di salah kaprah kan oleh orang awam. Mereka berpikir dengan banyaknya “backlink” dan “link” yang menuju ke halaman kita, rating akan naik dengan sendiri nya. Salah besar!.

Tulislah link sesuai dengan kebutuhan, pilih teks yang deskriptif dan ringkas, gunakan format link yang mudah di baca, perbanyak link untuk halaman internal.

Contoh link yang baik :

  1. Cara Menggunakan Sky3ds – Perhatikan link ini akan membawa anda ke artikel saya yang sebelumnya yang menjelaskan tentang bermain game Nintendo 3ds bajakan menggunakan Sky3ds.

Hindari :

  1. menulis link dengan text yang umum seperti “artikel” atau “klik di sini
  2. menggunakan teks yang tidak sesuai topik atau tidak ada kaitannya dengan konten dari link tersebut. Misalnya : Link kata “Gajah” pada halaman yang menjelaskan tentang “Serigala
  3. menulis link dengan kata terlalu panjang
  4. menggunakan kode CSS yang membuat link tidak nampak
  5. menggunakan teks link yang panjang dan dipenuhi kata kunci yang berlebihan
  6. menciptakan link yang tidak perlu atau tidak membantu pengguna dalam menavigasi situs

 

Aturan #5 dan paling penting menurut saya : Isi konten dengan hal yang berguna dan berhubungan dengan bisnis anda. 

Menurut saya pribadi, dari semua aturan-aturan diatas, hal paling penting adalah menulis sesuatu yang berguna dan berhubungan dengan bisnis anda. Contohnya adalah jika anda merupakan penjual seragam sekolah, pikirkan apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang yang mencari seragam sekolah, apakah tips dan trik cara memilih baju sekolah yang bagus, harga pasaran seragam sekolah, cara baik mencuci dan mengeringkan seragam sekolah, warna seragam sekolah. dll dsb.

Contoh lain adalah jika anda adalah praktisi IT, tuliskan artikel yang berhubungan dengan bisnis anda seperti tips dan trik service komputer atau laptop, review produk anda, jadwal pameran komputer, dll dsb.

Tuliskan sesuatu yang orisinil yang dapat membantu orang banyak, jangan lakukan copy paste karena hal tersebut tidak akan menguntungkan situs anda sama sekali. Pada saat kita menulis, mind set dan mentalitas yang paling penting itu adalah kita menulis untuk dibaca oleh sesama manusia dan untuk membantu sesama manusia. Bukan hanya sekedar untuk dibaca oleh google bot.

Semoga dengan hanya mengikuti 5 point di atas, anda dapat melakukan SEO atau mengajarkan SEO Kepada staff / karyawan anda, sehingga anda tidak perlu membayar ekstra untuk jasa SEO. Sebenarnya masih banyak point yang lebih teknis untuk diikuti. Silahkan buka link SEO Optimization Guide yang resmi dari google jika anda tertarik untuk membaca lebih jauh mengenai SEO.

Kalau setelah membaca artikel ini anda merasa tetap harus menggunakan jasa SEO, luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel resmi dari google tentang Agen dan Konsultan SEO, Sebelum anda menyewa jasa SEO. Setidaknya supaya anda bisa mendapatkan Hasil sebanding dengan uang yang telah anda keluarkan.

Nb : Tulisan ini saya tulis karena banyak client saya yang tertipu oleh jasa SEO, dan menganggap SEO bisa dilakukan secara instant dan pasti. Dengan menulis artikel ini saya ingin membuktikan point saya bahwa menulis artikel yang membantu orang banyak dan mengulas secara mendetail tentang produk kita, dan mengikuti SEO Optimization Guide dari Google adalah yang terbaik, dibandingkan dengan menyewa jasa SEO dan tertipu.