Bermain Game Nintendo 3DS Bajakan dengan Sky3DS+

Sky3ds+

Seperti yang telah saya tulis di artikel sebelumnya Sistem Anti Piracy Nintendo 3DS Mematikan Sky3ds, akhirnya team Sky3DS merilis Flashcart terbaru mereka yaitu Sky3DS+ yang memungkinkan kita untuk tetap dapat bermain game Nintendo 3DS Bajakan tanpa harus khawatir kena flag Anti-Piracy.

Menurut website resmi Sky3ds, Fitur baru Flashcart mereka adalah :

  1. Seluruh fitur lama Sky3ds
  2. Memindahkan game dapat dilakukan dengan dua tombol orang berfungsi sebagai tombol previous dan next
  3. Tidak membutuhkan aplikasi DiskWriter untuk copy file ROM
  4. Compatible dengan aplikasi homebrew ( indikasi dapat menggunakan cheat di game )
  5. Anti-Piracy Check dapat di lewat
  6. Firmware Flashcart tersebut dapat di upgrade

Saya sendiri belum mendapatkan informasi apakah flashcart ini sudah di jual di retailer Indonesia. Terakhir saya tanyakan di toko game sih orang nya cuma mengerutkan kening dan bilang belum pernah dengar soal itu. Tetapi sepertinya saran pada posting saya sebelumnya Main Game Bajakan Nintendo 3DS Menggunakan Sky3DS, yang menyarankan kita untuk menahan diri membeli flashcart Sky3DS lama untuk menunggu yang baru adalah benar terbukti. FlashCart Sky3DS lama akan terjun bebas harga nya digantikan dengan Flashcart Sky3DS+.

Menilik fitur baru nya, mungkin memindahkan game dengan dua tombol previous dan next tidak terlalu signifikan. Fitur tidak membutuhkan aplikasi DiskWriter untuk melakukan copy file Game kita lagi cukup menarik, copy game hanya cukup copy paste seperti biasa kita melakukan copy ke flashdisk. Hal ini amat bagus sekali, karena kita tidak perlu format ulang dan atur ulang susunan game kita seperti yang dilakukan di Sky3ds tombol biru yang lama. Kecepatan copy game juga akan naik signifikan dibanding sebelumnya.

Mengenai kompatibilitas dengan aplikasi homebrew belum bisa saya konfirmasi karena saya belum berkesempatan untuk mencoba nya. Tetapi biasanya hal ini mengindikasikan bahwa aplikasi untuk cheating di game akan bermunculan untuk pemakai sky3ds. Ini seperti mimpi jadi nyata untuk saya yang suka main game menggunakan cheat.

Untuk Anti-Piracy Check, mungkin bagi pemakai New 3DS atau N3DS yang akan lebih merasakan senangnya dapat bermain tanpa harus khawatir kena blokir oleh flag Anti-Piracy. Untuk pemakai 3DS lama seperti saya sepertinya tidak terlalu signifikan, karena beberapa game yang dilengkapi blokir Anti-Piracy merupakan game yang hanya compatible dengan New 3DS.

Yang terakhir adalah firmware FlashCart Sky3DS+ dapat di upgrade, yang artinya jika ke depan nintendo mengeluarkan proteksi-proteksi baru, team Sky3DS dapat dengan mudah mengeluarkan patch supaya pemakai Sky3DS+ tetap bermain game Nintendo 3DS Bajakan.

 

sky3ds+ flashcart
Contoh Sky3ds+. Foto : Website Resmi

Berikut adalah cara Bermain Game Nintendo 3DS Bajakan yang langsung saya terjemahkan ke bahasa indonesia dari website resmi Sky3DS :

  1. Masukkan microsd ke card reader, lalu format MicroSD tersebut dengan format FAT32.
    1-format 2-fat32
  2. Setelah selesai format, copy file game langsung ke dalam MicroSD tersebut. Tidak usah memakai aplikasi tambahan.
    3-copy
  3. Akses website sky3ds dan download file gamelist.bin ( akan ada link download khusus untuk Sky3ds+ ). Lalu copy file tersebut ke MicroSD yang tadi telah di siapkan.
  4. Dengan hanya 4 langkah simpel anda telah dapat bermain game nintendo 3ds bajakan menggunakan Sky3DS+, gunakan tombol orange untuk ganti game ke depan dan belakang.

Catatan Tambahan :

  • Pada saat pertama kali game dimainkan, akan muncul file settings.txt dan file .sav (savegame).
  • Buka file settings.txt lalu edit text “CREATE_PER_GAME_SETTINGS = 1”, lalu save. Setiap satu game dimainkan akan muncul satu file .CFG, yang berisi informasi spesifik untuk game tersebut. File .CFG ini dapat kita edit jika kita ingin memainkan game bajakan tersebut secara online. ( dibutuhkan CART_ID, dan FLASH_ID unik untuk dapat memainkan game bajakan secara online ).
  • File .CFG mendapatkan prioritas lebih tinggi daripada file gamelist.bin, jika anda punya CART_ID dan FLASH_ID sendiri, anda dapat memainkan game yang bahkan belum di masukkan ke dalam list gamelist.bin

 

Cara Update Firmware Sky3ds+ :

  1. Sky3DS+ akan di terima dengan firmware paling baru yaitu V4, untuk sementara tidak diperlukan adanya update.
  2. Jika update perlu dilakukan, copy file firmware.bin yang telah di download dari Website Resmi Sky3ds ke dalam microsd.
  3. Masukkan MicroSD ke dalam Sky3ds+, lalu koneksikan PC dan FlashCart Sky3DS+ dengan kabel USB yang telah disediakan ( Ini menarik, kita disediakan kabel USB untuk koneksi FlashCart Sky3ds+ ke PC ).
  4. Lampu LED merah akan menyala untuk 10 detik, kemudian berubah menjadi hijau dan berkedip untk 10 detik. Tunggu hingga lampu tidak menyala yang artinya Firmware Sky3DS+ telah di update dengan sukses. JANGAN PERNAH MELEPASKAN KABEL USB KETIKA LAMPU HIJAU SEDANG BERKEDIP. SKY3DS+ AKAN RUSAK JIKA HAL TERSEBUT TERJADI.
  5. Hapus file firmware.bin dari MicroSD.

 

Demikian ulasan saya mengenai Sky3DS+, semoga bermanfaat dan dapat membantu para fans Sky3DS+ Indonesia.