Flashing ROM Xiaomi Mi4 LTE-CT

Untuk yang baru saja membeli Xiaomi Mi4 Garansi Distributor, seperti posting saya sebelumnya, disarankan untuk melakukan Flashing ROM Xiaomi Mi4 LTE-CT terlebih dahulu sebelum terlanjur melangkah jauh. Baca: Review Xiaomi Mi4 untuk mengetahui alasannya. Pada posting ini, saya akan mengulas tentang ROM Xiaomi Mi4 LTE-CT, tetapi sebelumnya, kita harus mengetahui lebih lanjut mengenai ROM Xiaomi terlebih dahulu.

ROM Xiaomi mempunyai banyak varian dan mempunyai ROM berbeda untuk versi China dan Global. Dengan masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Kekurangan dari ROM China adalah :

Tidak adanya Google App, sehingga kita tidak dapat menggunakan aplikasi Google seperti : Google Play Store, Google Mail, Google Maps, Waze, dll. ( Untuk masalah ini ada solusinya di Install Google Apps Xiaomi Mi4 ROM China Marshmallow ) Kemudian Menggunakan ROM China, kita tidak bisa melakukan lock GPS ( Mungkin data GPS yang beredar di ROM China hanya akan menggunakan satelit GPS punya China sendiri demi keamanan ).  Update 7 Juni 2016 : Saya telah menemukan cara supaya aplikasi Google dan GPS dapat berjalan lancar dengan ROM China. Baca ke bawah untuk tutorial nya.

Sedangkan kelebihan dari ROM China adalah :

Update lebih cepat, pada saat tulisan ini dibuat, ROM China sudah ada di V7.3.2.0.MXDCNDD dengan basis Android 6.0 Marshmallow, sedangkan ROM Global masih di V7.1.2.0.KXDMICK yang masih menggunakan Android 4.4 KitKat. Adanya Service Online untuk download lagu dan nonton video gratis ( interface dalam bahasa China pasti nya ).

Versi ROM China
Versi ROM China
Music Player ROM China
Music Player ROM China
Nonton Film Gratis
Nonton Film Gratis
Download Gratis
Download Gratis

 

Jadi untuk Mi4 LTE-CT ini anda akan dihadapkan pada 2 Pilihan besar :

  1. Flash Mi4 ROM China ( Recommended )
  2. Flash Mi4 ROM Global ( Iya kita bisa melakukan flash ROM Global ).

Untuk melakukan flash dari Xiaomi Mi4 ROM Distributor ke Mi4 ROM China cukup mudah :

  1. Download Mi4 MIUI FULL ROM – Tetapi lebih disarankan untuk mengecek langsung ke Website Xiaomi
  2. Jangan ekstrak file .zip yang telah di download, tetapi langsung saja copy file tersebut ke Xiaomi Mi4 anda melalui kabel USB.
  3. Buka aplikasi “UPDATER” pada HP Anda, kemudian cari menu tiga titik di sudut kanan atas aplikasi tersebut, lalu pilih “Choose Update Package”.
    Updater
  4. Pilih file yang telah di copy tadi dan Xiaomi Mi4 anda akan langsung di flash ke MIUI Versi China secara otomatis.

Karena saya mendapati ROM China jauh lebih stabil dan enak digunakan. Maka saya menulis satu post lagi khusus untuk melakukan Flash ROM CHINA XIaomi Mi4 LTE-CT

 

Untuk melakukan flash dari Xiaomi Mi4 ROM Distributor ke Mi4 ROM Global agak ribet :

  1. Download file FASTBOOT Xiaomi Mi4 – Tetapi lebih disarankan untuk mengecek langsung ke Website Xiaomi
  2. Saya tidak menggunakan MiFlash pada tutorial ini, tetapi menggunakan Minimal ADB and Fastboot dari XDA. Kedua nya dapat digunakan tetapi saya lebih suka memakai tool dari XDA karena kemudahannya.
  3. Download dan Install Minimal ADB and Fastboot dari XDA, kemudian Install pada folder yang mudah di temukan ( disarankan c:\adbfastboot ).
  4. Ekstrak file Fastboot Xiaomi Mi4 yang telah diinstall sebelumnya ke folder yang mudah ditemukan ( disarankan c:\adbfastboot\xiaomi ).
  5. Masuk ke folder c:\adbfastboot dan copy file :
    • adb.exe
    • AdbWinApi.dll
    • AdbWinUsbApi.dll
    • fastboot.exe
    • MAF32.exe
  6. Paste file di atas ke folder c:\adbfastboot\xiaomi\images ( kalo gak ada folder images, cari folder yang berisi file tz.mbn atau recovery.img, saya rada lupa folder nya)
  7. pada address bar windows explorer di folder itu, ketik “cmd”.
    Seperti Ini
  8. Padamkan HP kemudian masuk ke mode FASTBOOT dengan cara menekan Tombol Power dan Volume Down secara bersamaan sampai muncul display seperti ini :
    fastboot-mode-logo
  9. Colokkan Hp dengan USB dan sambungkan dengan PC anda. Kemudian tunggu beberapa saat sewaktu driver diinstall.
  10. Ketik perintah “fastboot devices”, pada layar command prompt. Jika langkah diatas benar, maka Xiaomi Mi4 yang telah disambungkan dengan PC akan muncul. Jika tidak muncul, mungkin ada step yang tidak benar dilakukan.
  11. PENTING!!.. JANGAN PADAMKAN PC, HP DAN MENCABUT USB KETIKA MELAKUKAN STEP INI Ketik perintah dibawah secara berurut ( boleh juga dibuat batch .bat file nya ):
    • fastboot flash tz tz.mbn
    • fastboot flash dbi sdi.mbn
    • fastboot flash rpm rpm.mbn
    • fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
    • fastboot flash erase boot
    • fastboot flash misc misc.img
    • fastboot flash modem NON-HLOS.bin
    • fastboot flash system system.img
    • fastboot flash cache cache.img
    • fastboot flash userdata userdata.img
    • fastboot flash recovery recovery.img
    • fastboot flash boot boot.img
    • fastboot reboot
  12. Jika berhasil dilakukan, maka Xiaomi Mi4 anda akan restart dan anda telah berhasil melakukan flash Xiaomi Mi4 LTE-CT ke ROM Global

image

Khusus pemakai ROM China tetapi tetap mau memakai Google Apps, jika anda telah melakukan flash ke versi V7.3.2.0.MXDCNDD, maka anda membutuhkan apk NEW GOOGLE INSTALLER dari MIUI Forum. Aplikasi tersebut akan secara otomatis menginstall segala yang diperlukan untuk menjalankan Google Apps di Hp anda, pastikan internet anda stabil karena aplikasi ini akan forced close jika koneksi internet kurang stabil. Setelah instalasi, pastikan “Permissions” untuk semua Aplikasi Google Apps tersebut di “Allow”.

Update :

  1. Saya telah menambah post baru tentang Cara Root Xiaomi Mi4 yang telah di uji coba pada ROM Global device LTE-CT saya dengan lancar.
  2. Update ke dua mengenai Install Google Apps Xiaomi Mi4 ROM China Marshmallow
  3. Update ke tiga mengenai Flash ROM CHINA XIaomi Mi4 LTE-CT

Sumber : Kaskus dan pengalaman pribadi