Install Google Apps Xiaomi Mi4 China ROM Marshmallow

Kali ini Saya akan membahas Cara Install Google Apps Xiaomi Mi4 China ROM Marshmallow. Bagi yang memakai ROM Global tidak membutuhkan artikel ini. Tetapi bagi yang lebih senang memakai ROM China, apalagi yang menggunakan versi terbaru dengan basis Android Marsmallow. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Seperti yang telah saya jelaskan di Review Xiaomi Mi4 dan Flashing Xiaomi Mi4 sebelumnya. Setelah saya pakai beberapa lama, ternyata ROM China lebih update, dan khusus Xiaomi Mi4 LTE-CT yang saya pakai, sinyal 4G dan internet jauh lebih stabil, walaupun harus mengorbankan sinyal GPS. ( sampai tulisan ini saya tulis sinyal GPS masih belum bisa didapatkan memakai ROM China, tetapi akan saya update lagi jika ada cara nya ). Kekurangan yang paling besar dari Xiaomi Mi4 China ROM adalah tiadanya aplikasi bawaan Google. Ada beberapa cara mudah menginstall Google Apps tetapi saya mendapati cara tersebut rentan error dan seringkali tidak bisa digunakan.

Screenshot_2016-06-05-20-08-36_com.android.settings

Akhirnya saya mencoba untuk melakukan beberapa eksperimen, salah satu cara adalah dengan flash ulang TWRP Recovery kemudian memasukkan OpenGapps Pico .. hasilnya HP menjadi error dan tidak bisa digunakan, keluar pesan app force closed berkali-kali. Hal ini terjadi karena pada Android Marshmallow, seluruh permission harus di set terlebih dahulu sebelum sebuah aplikasi di jalankan. Dengan cara install OpenGapps Pico, permission tidak di set sehingga app yang telah terinstall tidak bisa dipakai sama sekali. OpenGapps juga tidak muncul di bagian “installed app”. Setelah berpikir panjang, terakhir saya coba dengan download manual APK dan ternyata berhasil juga saya bisa menjalankan google apps tanpa ada error sama sekali. ( sudah saya coba selama seminggu tanpa ada kendala sama sekali ).

Karena Appp Google selalu di update, Ada 2 Cara untuk melakukan Install Google Apps Xiaomi Mi4 China ROM Marshmallow :

  1. Cara Pertama dengan menggunakan file yang telah saya siapkan :
    1. Pertama-tama download File Gapps yang telah saya siapkan sebelumnya
    2. Unzip dan copy file ke dalam Xiaomi Mi4 Anda
    3. Buka Settings > Additional Settings > Privacy lalu aktifkan “Unknown Sources”
    4. Install semua APK dengan urutan GoogleServicesFramework pertama
    5. Lalu GooglePlayServices ke dua
    6. dan kemudian install APK lainnya kecuali apk GooglePlayStore harus terakhir
    7. Setelah selesai instalasi cara set permission akan saya ulas dibawah.

     

  2. Cara Ke Dua dengan mendownload file yang paling update dari website :
    1. Buka website ApkMirror.com
    2. Pada search box, search “Google Play services” kemudian pilih versi yang kita inginkan. Akan ada banyak list file yang muncul, pilih versi 6.0+ untuk marshmallow dengan architecture “arm” kemudian Screen DPI “nodpi”. Download file tersebut.
    3. Pada search box, search “Google Account Manager”. Download file tersebut.
    4. Pada search box, search “Google Services Framework”. Download file tersebut.
    5. Pada search box, search “Google Contacts Sync”. Download file tersebut.
    6. Pada search box, search “Google Calendar Sync”. Download file tersebut.
    7. Pada search box, search “Google Play Store”. Download file tersebut.
    8. Setelah 6 File diatas tersebut di download, Install sesuai dengan urutan pada cara pertama di atas.

Setelah Steps diatas dilakukan, kita harus set permission untuk semua Google AppsĀ tersebut. Steps nya sebagai berikut :

  1. Buka Security > Permissions > Autostart. Aktifkan fitur autostart untuk semua Google Apps yang telah di install.
  2. Buka Security > Permissions > Permissions. Sentuh pada semua permissions yang tersedia Misalnya : “Modify and delete contacts”, dll dan klik “Accept” pada semua Google Apps yang telah di install.
  3. Buka Settings > Additional Settings > Battery & Performance > Manage Apps Battery Usage. Kemudian pilih “Choose App” dan kemudian pilih “No Restrictions” untuk semua Ggoogle Apps yang telah di install.

Dengan beberapa steps yang mudah, nikmati Google Apps bebas error.

 

NB : Saya pertama agak seram dengan website apkmirror karena melakukan download apk dari tempat lain sebenarnya berbahaya. Tetapi setelah saya telusuri bahwa apkmirror merupakan website yang dibuat oleh blog androidpolice. Saya yakin website ini bersih dari APK Virus.