Flash ROM China Xiaomi Mi4 LTE-CT

Posting ini saya tulis khusus untuk memuat cara Flash ROM China Xiaomi Mi4 LTE-CT kepada pemakai di Indonesia. Post ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya mengenai Flashing ROM Xiaomi Mi4 LTE-CT.

Saya menganjurkan memakai ROM China karena ROM China adalah ROM bawaan dari Xiaomi Mi4 LTE-CT yang secara teoritikal akan lebih stabil daripada kita memaksakan ROM Global untuk dipakai di Xiaomi Mi4 LTE-CT ( China Telecom ).

Sampai tulisan ini dibuat, ROM Xiaomi Mi4 China adalah versi 7.3 ( 7.3.3.0 MXDCNDD ) dengan basis Android Marshmallow 6.0.1. Pendapat saya pribadi ROM versi ini jauh lebih stabil daripada saya memaksakan diri melakukan flash ROM Global. 4G Telkomsel yang saya pakai selalu dapat signal, hampir tidak pernah turun ke 3G kecuali saya benar-benar sedang berada di tempat dengan sinyal 4G yang buruk.

Screenshot_2016-06-05-20-08-36_com.android.settings

Sebelumnya, saya mendapati ROM China sulit untuk dipakai karena : Tidak ada Google Apps dan GPS tidak bisa Lock. Tetapi ke dua masalah tersebut telah saya dapat solusi nya.

Harap tutorial ini dibaca baik-baik dan jangan ada langkah dan file yang di loncati atau di tiadakan, karena banyak langkah yang membutuhkan ketelitian dan ketepatan. Salah langkah dalam melakukan Flash ROM China Xiaomi Mi4 LTE-CT dapat mengakibatkan Handphone anda PADAM TOTAL.

 

Langkah-Langkah Flash ROM China Xiaomi Mi4 LTE-CT :

  1. Flash ROM Distributor ke ROM China
  2. Instalasi Google Apps
  3. Rooting Xiaomi Mi4 LTE-CT
  4. Optimalisasi GPS dan lainnya

File-File yang dibutuhkan :

  1. File ROM Fastboot untuk Xiaomi Mi4, Disarankan untuk langsung di download di Website Xiaomi untuk update terbaru, pastikan anda memilih “Xiaomi Mi 4 CDMA/WCDMA/LTE Latest China Stable Version Fastboot File Download”  atau pakai Link ini (Direct Download). Ekstrak file tersebut ke tempat yang mudah di temukan. Saran saya taruh di c:\cancro.
  2. Aplikasi MiFlash dari Xiaomi, sebenarnya saya tidak akan memakai aplikasi tersebut, tetapi untuk menghindari “driver” error,  sebaiknya aplikasi ini di install.
  3. Aplikasi Minimal Adb & Fasboot dari XDA-Developer, atau pakai Link ini (Direct Download). Download dan install ke c:\adbfastboot supaya mudah ditemukan.
  4. Custom Recovery Image dari TWRP ( kode ROM Mi4 dengan Mi3 sama, yaitu cancro ) atau pakai Link ini ( Direct Download), Download lalu rename jadi “recovery.img”.
  5. File Root, SuperSu versi Beta Latest. Jika lebih yakin dengan stable, boleh juga pakai stable, saya pribadi sih memakai beta dan tidak ada masalah.
  6. File GPS.Conf, pilih Indonesia. atau pakai Link Ini ( Direct Download ).
  7. File Google Apps dari Posting saya yang sebelumnya, atau pakai Link ini ( Direct Download )

 

Bagian 1. Flash ROM Distributor ke ROM China

Langkah pertama kita adalah melakukan Flash ROM China Xiaomi Mi4 LTE-CT dari ROM Distributor. Sebenarnya kita dapat melakukan langkah ini dengan cara download ROM Update, tetapi saya lebih suka Clean Installation melalui fastboot karena cara ini memastikan kita mendapat ROM yang benar-benar bersih tanpa modifikasi. Saya juga tidak suka menggunakan MiFlash karena dengan menggunakan MiFlash jika sedang sial, aplikasi error atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, saya tidak tahu sampai posisi mana flash sedang dilakukan, sehingga untuk troubleshooting juga menjadi sulit.

Harap lengkapi File-File yang dibutuhkan diatas sebelum melakukan langkah ini. JANGAN PERNAH mematikan komputer atau mencabut kabel USB pada saat flash dilakukan, karena mematikan komputer atau mencabut kabel USB dapat membuat HP anda PADAM TOTAL. Gunakan Windows 7 64 bit untuk melakukan flash. Disarankan melakukan flash menggunakan Laptop atau PC yang dilengkapi dengan UPS.

Langkah-Langkah untuk Flashing :

  1. Buka Lokasi instalasi Aplikasi Minimal Adb & Fastboot kemudian copy file di dalam folder ( ada 4 file yang harus di copy : adb.exe, adbwinapi.dll, adbwinusbapi.dll, fastboot.exe, maf32.exe) ke folder “image” di lokasi file ROM Fastboot ( c:\cancro\image ).
    step 1 copy file
  2. Copy file “recovery.img” yang telah di siapkan sebelumnya ke folder IMAGE ROM Fastboot ( c:\cancro\image ), timpa / replace file recovery.img yang telah ada.
  3. Ambil Handphone anda, padamkan, kemudian hidupkan kembali dengan cara menahan tombol vol down + Power. Jika dilakukan dengan benar anda akan di bawa ke screen fastboot. Hubungkan Handphone ke komputer.
    fastboot-mode-logo
  4. Pada lokasi ROM Fastboot di My Computer, ketik “cmd” pada address bar. Maka command prompt akan muncul.

    Seperti Ini
    Seperti Ini
  5. Pertama-tama ketik perintah “fastboot devices”. Jika langkah diatas dilakukan secara benar maka akan muncul device list.

    device_acttached
    kira-kira seperti ini
  6. Ketik Perintah dibawah secara berurutan :
    1. fastboot flash partition gpt_both0.bin
    2. fastboot flash tz tz.mbn
    3. fastboot flash dbi sdi.mbn
    4. fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
    5. fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
    6. fastboot erase boot
    7. fastboot erase DDR
    8. fastboot flash misc misc.img
    9. fastboot flash modem NON-HLOS.bin
    10. fastboot flash system system.img
    11. fastboot flash cache cache.img
    12. fastboot flash userdata userdata.img
    13. fastboot flash recovery recovery.img
    14. fastboot flash boot boot.img
    15. fastboot reboot

Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, maka dalam beberapa saat Handphone akan restart sendiri dan masuk ke layar setup pertama kali. Karena ini merupakan ROM china, pada saat setup pertama kali hanya akan ada 2 versi keyboard yaitu baidu dan google pinyin. Disarankan memilih Google Pinyin IME karena baidu IME lebih fokus ke pengetikan bahasa china dan sangat sulit digunakan kecuali kita mengerti karakter China.

 

Bagian 2. Instalasi Google Apps

Bagian ini telah saya ulas dan bahas dengan lengkap pada posting saya sebelumnya di : Install Google Apps Xiaomi ROM China Mi4 LTE-CT , Jadi disini tidak akan saya bahas lagi.

 

Bagian 3. Rooting Xiaomi Mi4 LTE-CT

Root diperlukan karena untuk mengoptimalkan kerja Handphone ini kita membutuhkan akses root untuk mengganti beberapa parameter system.

Langkah Rooting :

  1. Hubungkan Handphone ke komputer dengan koneksi media transfer.
  2. Copy File Root SuperSU yang telah disiapkan sebelumnya ke Internal Memory
  3. Padamkan Handphone, kemudian hidupkan dengan cara menahan Vol Up + Power. Jika berhasil dilakukan maka anda akan dibawa ke screen TWRP Recovery.
    TWRP-Recovery
  4. Jika ditanya mengenai mount filesystem as read-only, biarkan saja jangan di ubah.
  5. Pilih “Install” kemudian pilih file Root SuperSU yang telah kita siapkan sebelumnya.
  6. Setelah selesai instalasi, pilih wipe cache/dalvik kemudian reboot

Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, maka setelah Handphone restart, akan ada aplikasi SuperSU muncul di home screen.
superSU

 

Bagian 4 : Optimalisasi GPS dan Lainnya

Jika kita perhatikan dengan benar, file bawaan gps.conf Xiaomi Mi4 ini memang benar tidak di desain untuk bisa menggunkaan GPS. Oleh karena itu untuk bisa menggunakan Location Services maka kita harus mengganti file gps.conf bawaan dengan gps.conf yang telah di edit.

Langkah mengganti file gps.conf :

  1. Hubungkan Handphone ke komputer, kemudian copy file gps.conf yang telah disiapkan sebelumnya
  2. Download “Root Explorer” dari app world.
  3. Buka aplikasi “Root Explorer” kemudian masuk ke folder sdcard kemudian copy file gps.conf
    copy gps.conf
  4. Navigasi ke folder etc kemudian paste dan timpa file gps.conf bawaan Xiaomi Mi4. Anda membutuhkan akses ROOT untuk melakukan hal ini.
    Screenshot_2016-06-08-09-13-42_com.jrummy.root.browserfree

Test locking GPS dengan menggunakan aplikasi “Gps Toolbox” atau “Google Maps”. Pastikan anda berada di luar ruangan supaya GPS dapat locking dengan baik. Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, GPS akan melakukan locking dalam beberapa saat.

Setelah selesai melakukan optimalisasi GPS, saran saya kita mengganti Input Default Google Pinyin dengan Google Keyboard yang bisa di download dari App Store. Setelah mengganti Google Pinyin dengan Google Keyboard, saran lainnya adalah menghapus / freeze Xiaomi App Store ( Jika tidak dilakukan, setiap kita klik pada link aplikasi, maka yang akan muncul adalah App Store Xiaomi, bukan Google App Store ) dan aplikasi-aplikasi lain yang menggunakan bahasa China seperti xunlei accelerator, dan lainnya.

Dibawah adalah cara menghapus / freeze Xiaomi App Store :

  1. Buka Google App Store dan cari “ROM TOOLBOX LITE” download lalu install.
  2. Jalankan App tersebut kemudian pilih App Manager.
  3. Pilih aplikasi App Store kemudian pilih Freeze.
    freeze
  4. Lakukan untuk aplikasi-aplikasi bertulisan mandarin lainnya ( bila perlu ).

    aplikasi yang saya freeze
    Aplikasi yang saya freeze

Selesai melakukan optimalisasi diatas, jika kita memakai Google Keyboard, mungkin akan muncul garis-garis merah di bawah teks yang kita ketikkan. Itu adalah fitur Spell Checker yang tidak bisa di padamkan, antara kita pilih spell checking dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Tetapi jika kita tidak menulis dalam bahasa yang baku, spell checker atau garis warna merah akan tetap muncul dan hal itu sangat mengganggu sekali.

Dibawah adalah cara disable spell checker untuk Google Keyboard :

  1. Masuk ke Settings > Additional Settings > Developer Options, Jika anda tidak bisa menemukan menu ini, pertama-tama masuk ke Settings > About Phone, kemudian sentuh MIUI Version beberapa kali sampai muncul notifikasi “You are now a Developer.
  2. Aktifkan Opsi “USB Debugging”. Kemudian hubungkan handphone ke komputer.
  3. Buka My Computer / Windows Explorer lalu navigasi ke c:\adbfastboot, lalu ketik “cmd” pada address bar
  4. Setelah command prompt terbuka, ketik “adb devices” untuk mengecek apakah Handphone telah terhubung. Jika telah terhubung maka akan muncul pada list devices. Perhatikan layar handphone, mungkin akan muncul verifikasi untuk USB Debugging. Klik Allow / OK.
    device_acttached
  5. Ketik “adb shell”
  6. Setelah itu ketik “settings put secure spell_checker_enabled 0”

Selesai, Spell Checker telah di non-aktifkan dengan sukses.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk sesama pemakai Xiaomi Mi4 LTE-CT.

Sumber : dari berbagai sumber dan eksperimen sendiri.