Belajar Dan Praktekkan !

Ada yang menanyakan ke saya : sebenarnya bagaimana cara terbaik untuk belajar berbahasa Inggris, bagaimana cara belajar komp, dll..

Jawabannya cukup simple sebenarnya, yaitu : Belajar dan Praktekkan. Ga ada rahasia dan metode yang paling baik untuk mempelajari sesuatu selain Belajar dan Praktekkan.

Harap diingat bahwa tidak ada manusia yang dilahirkan langsung dapat berbicara dan berjalan. Tidak ada seorangpun yang normal di dunia ini dilahirkan jenius atau bodoh ( kecuali emg cacat bawaan sejak lahir ). Lingkungan dan kebiasaan kita membentuk kita yang sekarang ini.

Jangan kebiasaan menanamkan pikiran “aku bodoh” di dalam pikiran kita, jangan selalu melakukan sugesti diri dengan mengatakan “ini sulit sekali”. Tidak ada kata telat untuk belajar. Pertama-tama, mulai belajar dengan membaca sedikit teori2 yang penting. Dalam belajar bahasa, cari hal yang paling mendasar, pasti dalam mempelajari sesuatu itu ada pelajaran yang dimulai dari paling dasar, misalnya di Bahasa Inggris, mulai dengan pengenalan A-Z dengan sound atau suara yang benar. Pada ilmu programming, baca teori flowchart dan oop.


hear-forget

Setelah membaca teori dasar, jangan langsung masuk ke tingkat lanjut. Ulangi teori tersebut dan praktekkan, jangan berhenti dan merasa puas setelah belajar. Ilmu apapun itu tanpa dipraktekkan tidak akan menjadi keterampilan. Sebagai contohnya, dalam belajar bahasa, kita bisa mendengarkan lafal dari tv, musik, bahkan google translate sekarang ini bisa dipakai untuk mendengarkan lafal bahasa tersebut. Belajar ilmu komputer dan programming, simulasikan sebuah kasus ke atas flowchart. Misalnya steps sebuah program untuk menampilkan kalkulasi yang diambil dari input user. Setelah dasar logika kita kuat, barulah bisa dilanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Sambil mempraktekkan ilmu yang kt pelajari, baca teori2 yang lebih lanjut. Pada saat kita belajar sambil melakukan, secara otomatis otak akan bekerja lebih mudah karena pada dasarnya otak lebih mudah menyimpan informasi dalam bentuk praktikal daripada teoritikal. Ada beberapa orang jenius yang bisa belajar tanpa praktek , tapi karena itulah mereka diberi gelar jenius. Tidak semua manusia diberikan anugerah tersebut.

Zaman sekarang boleh dibilang adalah zaman emas untuk orang yang suka belajar. Informasi bisa didapatkan dengan mudah. Saya masih ingat waktu saya masih kecil dulu, untuk bisa tahu apa itu bulan dan bumi, saya harus membeli buku tentang antariksa di gramedia. Untuk mengetahui hal2 yang lebih banyak, saya harus nongkrong lama di gramedia untuk membaca gratis buku ensiklopedi yang mahal ( karena ga sanggup beli ). Sekarang? apapun yang kita perlukan tinggal hidupkan browser di HP dan search. engga mengerti bahasa tertentu? masukkan parameter tersebut di kolom pencarian dan arti nya akan muncul. Lupa dengan rumus matematika? Mau tahu tentang antariksa? mau tahu harga dollar berapa? dan masih banyak kegunaan internet lainnya. Manfaatkan fasilitas Internet dengan maksimal dalam membantu kita belajar. Jangan sekedar digunakan untuk kepentingan sosial.

Ini sedikit tips untuk anda yang mempunyai anak kecil. JANGAN memberikan anak kecil handphone atau tablet. Tidak ada yang bisa mereka pelajari dan praktekkan dari barang tersebut. Anak kecil lebih cocok diberikan mainan yang bisa mengasah kemampuan motorik mereka, otak mereka masih dalam tahap perkembangan sehingga jika mereka diam dan menatap layar hp atau tablet, itu tidak akan membantu sama sekali. Jangan merasa anak kecil yang diam dan anteng itu baik, karena masa kanak2 seharusnya emang tidak diam dan anteng, malah lebih aktif menjelajahi dunia itu lebih baik. Perkenalkan komputer, laptop, handphone dan tablet kepada anak setelah umurnya minimal 12 tahun. Itu juga batasi eksposure mereka pada alat elektronik tersebut. Lebih baik memberikan mainan lego, putty, atau mainan edukasi tradisional lainnya.

Kembali lagi pada Belajar dan Praktekkan, alangkah baiknya jika anda menyimpan diary atau jurnal belajar. Tuliskan apa yang telah anda pelajari hari ini dan setiap hari. Saya jamin anda akan kaget, karena kemampuan ada pada hari pertama anda mempelajari sesuatu sambil di praktekkan, akan jauh berbeda setahun kemudian.. dalam beberapa tahun ke depan, saat anda melihat apa yang anda lakukan pada tahun pertama, anda tidak akan percaya bahwa anda pernah melakukan kesalahan tersebut dan berpikir2 kenapa pada awal belajar anda tidak bisa menyelesaikan hal semudah itu.

This is what I personally experienced, thus I am sure everybody should be able to learn anything they wanted as long as they learn and do the right way. When I was in my high school, I can’t understand any accounting theories and I thought that I am only good in either programming and system administration. After a long journey, nowadays I deal with accounting daily, looking back I felt so surprised that I can’t even understand the most basic logic of accounting. I even lost my passion in programming because I feel stuck in some unsolveable programming problem later on, but after persistent learning and trying and doing, nowadays I realize that my knowledge are still improving and my skills are getting better for each problems and project I solved. That’s why, Learning by doing proved to be the best way to go if we wanted to learn something.

If i could do it, I believe that everybody should be able to do it as well.