Tutorial Cara Instalasi Henkaku di PS Vita

Setelah kita melakukan Update Manual PS Vita Firmware 3.60, sekarang saatnya untuk melakukan Instalasi Henkaku di PS Vita. Seperti yang telah saya tuliskan di Update tulisan sebelumnya Bermain Game Bajakan di PS Vita, Henkaku memungkinkan kita untuk memasukkan aplikasi homebrew alias aplikasi bajakan yang tidak di restui oleh Sony.

Karena sekarang ini telah muncul aplikasi untuk dumping dan dekripsi game bajakan, maka kemungkinan besar dalam waktu dekat akan muncul banyak game bajakan di pasaran yang dapat di jalankan oleh henkaku. Tetapi karena sifat aplikasi bajakan yang tidak direstui oleh sony, maka kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Saya membaca di beberapa forum bahwa sekarang ini telah ada beberapa game bajakan yang bisa membuat PS Vita BRICK PERMANEN. Jadi sebelum melakukan instalasi game bajakan nantinya, lebih baik baca dan cari dulu informasi secara teliti.

vitahack

Instalasi Henkaku di PS Vita sebenarnya cukup mudah :

1. Koneksikan PS Vita anda ke wifi

2. Jalankan browser bawaan PS Vita

3. Buka URL : https://henkaku.xyz

4. Klik Install, maka dalam beberapa saat anda akan dibawa ke screen instalasi. Ikuti petunjuk dan jangan tekan tombol “PS”

henkaku

Jika instalasi berhasil, maka akan muncul aplikasi baru :

henkaku_2

Aplikasi molecularShell inilah yang nantinya akan digunakan untuk copy file aplikasi-aplikasi  homebrew PS Vita dan game-game bajakan. Selain itu dengan aplikasi tersebut kita dapat melakukan edit file dan folder langsung ke dalam struktur PS Vita.

Kelemahan Henkaku satu, jika PS Vita kita padamkan, maka pada saat dihidupkan kita harus mengulang proses dengan membuka henkaku.xyz lagi. Bukan proses yang sulit tetapi hal ini membutuhkan internet.

Cara mengakali nya adalah dengan menginstall aplikasi Henkaku Offline yang bisa didapatkan dari website Henkaku. akan saya update caranya jika sempat.

Update : Cara untuk Transfer VPK dan Instalasi Game Bajakan atau Game Bajakan Vita Melalui MaiDump Tool