Update Manual PS Vita Firmware 3.60

Seperti yang telah saya tulis di artikel sebelumnya Bermain Game Bajakan di PS Vita, untuk dapat memainkan homebrew PS Vita memakai Henkaku, kita harus memiliki PS Vita dengan Firmware 3.60. Jika firmware kita belum 3.60, disarankan untuk melakukan Update Manual PS Vita Firmware 3.60 karena update otomatis akan langsung membuat Firmware menjadi yang paling baru alias di atas 3.60.

Harap baca dan perhatikan tutorial ini step by step tanpa dilangkahi satupun langkahnya. Jika diikuti dengan benar, alhasil Update Manual PS Vita Firmware 3.60 anda akan berhasil. Saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin akan terjadi, apalagi jika tutorial tidak dibaca dengan benar.

firnware_before
Firmware PS Vita saya sebelum update

File-file yang dibutuhkan :

  1. Aplikasi QCMA / Content Manager download dari Website Resmi QCMAย atau dari Google Drive
  2. File Firmware PSVita 3.60 dari Website Softpedia atau Google Drive
  3. File update list xml dari Website Github atau Google Drive

Langkah-langkah :

1. Download dan Install Aplikasi QCMA terlebih dahulu, pada saat pertama menjalankan aplikasi tersebut, akan ditanya lokasi folder dimana kita ingin menaruh file film, musik, dll. Perhatikan lokasi folder untuk UPDATES/WEB CONTENT. Secara default akan di taruh di folder C:\Users\[Nama Anda]\Documents\PSV Updates.

2. Download File Firmware yang telah saya sediakan diatas, setelah di download dan ekstrak bila perlu, nama file nya adalah PSVUPDAT.PUP. Ganti namanya menjadi PSP2UPDAT.PUP kemudian copy file tersebut ke lokasi folder untuk UPDATES/WEB CONTENT yang telah anda baca di langkah pertama.

3. Download file list xml. Di list xml yang saya sediakan di atas adalah file untuk REGION PS VITA US. Jika anda mempunyai PS Vita dengan region lain, maka anda harus membuka file xml tersebut dengan notepad kemudian edit bagian <region id=”us”> menjadi region lain misalnya jp untuk PS Vita region JP. Kemudian copy file itu ke lokasi UPDATES/WEB CONTENT juga.

4. Hidupkan PS Vita kemudian Aktifkan Airplane Mode

5. Jalankan Aplikasi QCMA kemudian colokkan PS Vita anda ke USB.

6. Masuk Settings kemudian System Update, lalu pilih Update From PC.

7. Cek sekali lagi, apakah pada layar PS Vita, Tampilannya adalah Version 3.60.

yang_benar
Seperti ini

8. Jalankan pilih Next lalu jalankan update dengan cara ikuti petunjuk di layar, dan Selamat. PS Vita anda telah di update menjadi Versi 3.60 yang bisa menjalankan Henkaku.