Recall Airbag Takata Honda di Indonesia

Recall Airbag Takata Honda di Indonesia sebenarnya sudah berbulan-bulan lalu diumumkan, tetapi saya masih setengah penting engga penting dengan hal ini. Sampai hari ini saya baca di detik.com bahwa airbag takata tewaskan orang lagi, saya pun googling dan menemukan jawabannya.

Mobil saya Jazz RS GE8 Tahun 2008, saya akan melakukan penggantian part Airbag Inflator tersebut besok di salah satu dealer Honda di Jakarta. Prosedurnya cukup mudah, cukup telepon ke hotline Honda Care 0800-1122-789 ( Bebas pulsa loh ) dan sediakan nomor rangka untuk mengecek apakah mobil anda termasuk tipe yang di recall. Untuk amannya sih jika mobil anda tahun pembuatannya dibawah 2012 dan dilengkapi Airbag, mending dicek deh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan anggap sepele karena ini merupakan hal yang sangat penting sekali, bisa jadi keputusan ini dapat menyelamatkan nyawa anda di kemudian hari.

hien-tran-takata-evidence
Pecahan yang merenggut nyawa

Kenapa saya akhirnya memutuskan untuk mengikuti program recall, banyak sekali kejadian Airbag Takata yang telah menyebabkan luka berat dan kematian di seluruh Dunia. Beberapa kejadian diantaranya ada yang terjadi ketika sedang berhenti, mobil tersenggol sedikit, dll. Airbag sendiri sebenarnya adalah sebuah fitur keselamatan yang amat rawan, bekerja dengan cara meledakkan bahan kimia ke dalam sebuah kantung udara untuk menjadi bantalan pada saat terjadi kecelakaan. Karena sifat airbag yang harus terbuka dalam sepersekian milidetik pada saat terjadi kecelakaan, bahan kimia yang digunakan sebenarnya juga digunakan pada bahan bakar roket dan peledak / dinamit. Pada saat airbag terbuka, karena ledakannya terlalu kencang, pecahan logam ikut menyembur dan ditembakkan ke dada dan leher pengemudi dan penumpang ( bayangkan aja sudah tabrakan, ditembak pula ), fitur keselamatan yang seharusnya menyelamatkan nyawa malah menjadi pencabut nyawa. Airbag Takata menjadi seperti Bom Waktu di dalam mobil kita.

korban takata
Korban Takata – Disturbing Pic – Klik untuk perbesar jika kuat.

Khusus kasus Takata ini, dia menggunakan bahan kimia bernama amonium nitrat ( di Indonesia biasanya dipakai untuk bom ikan atau pupuk ).. amonium nitrat dipakai oleh takata karena sifat ledakannya yang kuat dan harganya yang murah (untuk mendapat keuntungan yang besar), tetapi bahan kimia ini amat sulit dikendalikan dan tidak stabil. Amonium nitrat mudah menyerap lembab dan panas sehingga ledakannya seringkali tidak bisa diprediksi dan dikendalikan, banyak pembuat Airbag lain yang telah menyerah memakai bahan ini karena benar-benar tidak bisa di pastikan kestabilannya. Pada artikel di Bloomberg yang saya baca, sebenarnya banyak pegawai dan petinggi yang telah menolak menggunakan bahan kimia ini sejak dulu, bahkan ada yang telah resign karena tidak setuju dengan penggunaan bahan tersebut. Pada saat menjadi saksi di persidangan, mantan karyawan tersebut mengatakan bahwa dia telah lama protes mengenai hal ini tetapi petinggi perusahaan bilang bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengatasinya, tanpa memberikan dokumen pendukung dan bukti konkrit. Mantan karyawan yang lain lebih parah lagi, pada saat percobaan di laboratorium, berkali-kali airbag inflator tersebut tidak lolos tes, tetapi oleh atasannya dia dipaksa untuk mengetes hal tersebut sampai “lolos uji”.

Makanya sekali lagi saya ingatkan, jangan menganggap sepele hal ini karena ini merupakan hal yang penting sekali. Berikut daftar mobil Honda yang “mungkin” harus di recall :

  • 2.856 unit Honda Accord 2004 – 2007
  • 16.276 unit Honda Civic 2002 – 2011
  • 41.538 unit Honda City 2004 – 2013
  • 104.651 unit Honda CR-V 2002 – 2012
  • 199.167 Honda Jazz 2004 – 2014
  • 2.526 unit Honda Stream 2002 – 2006

Sumber :

  1. Bloomberg
  2. Kompas