Cara Transfer dan Install Game Bajakan ke PS Vita VPK

Ini merupakan artikel ke 3 yang saya posting mengenai Bermain Game Bajakan di PS Vita. Jika anda telah mengikuti tutorial saya tentang Update Manual PS Vita Firmware 3.60 dan Tutorial Cara Instalasi Henkaku di PS Vita. Maka ini merupakan langkah ke 3 yang memungkinkan kita bermain game bajakan di PS Vita. Ini merupakan metode yang menggunakan VPK, tidak semua game compatible dengan metode ini, tetapi saya telah mencoba beberapa game yang bisa dijalankan. ( Digimon Cyber Sleuth Confirmed ).

Edit : 17 jan 2017 – Henkaku dan vita shell terbaru telah dapat menggunakan direct usb untuk transfer data. Sehingga metode ini sudah tidak usah dipakai. Cek Artikel di Copy dan Install Game Bajakan PS Vita

Mohon baca baik-baik step by step tutorial ini dan jangan dilangkahi satu step pun. Saya tidak bertanggung jawab jika PS VITA anda padam total pada saat mengikuti tutorial ini.

Sebelum melakukan download dan install game dari VPK atau eboot lainnya, cari tahu terlebih dahulu status game nya, sejauh ini ada laporan 2 game yang dapat mengakibatkan PS VITA padam total / bricked dan sama sekali tidak dapat di tolong. ( Jadi ganjalan meja )

vitahack

File-File yang Diperlukan :

  1. File Game VPK. Bisa di download dari Link ini
  2. QCMA ( seharusnya telah ter install pada tutorial sebelumnya ) Jika belum download dari Website QCMA atau dari Google Drive
  3. PS Vita yang telah di instalasi Henkaku
  4. Memory yang cukup untuk instalasi game. Jadi misalnya anda punya game 1,5 gb, maka anda harus punya space 3gb. Ini merupakan cara paling praktis dan mudah untuk melakukan transfer, cara ke dua adalah melalui exploit psp save file dan menjalankan file eboot.bin langsung menggunakan maibackup. Cara ini belum saya coba karena belum punya waktu cukup ( file nya sudah ada sih ).

 

Langkah-Langkah : ( saya meminimalkan sesedikit mungkin gambar karena ini menyangkut game bajakan )

 

Langkah 1 :

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mentransfer file game VPK ke PS Vita. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, boleh dengan FTP server dari Vita Shell ( kecepatan ekstra lambat ). Saya prefer menggunakan QCMA yang telah di install sebelumnya.

Cara ini cukup mudah : Pastikan windows explorer telah menunjukkan file ekstension dengan cara membuka windows eksplorer, kemudian di opsi “View Options”, pastikan opsi “Hide known file types” tidak di centang.

Jika itu dilakukan dengan benar maka ekstensi file akan muncul ( contoh : blablabla.exe, blablabla.zip ). Ganti nama file VPK yang telah di download ( misalnya : Digimon_cyber_sleuth_v100.VPK ) menjadi MP4 ( Contoh: Digimon_cyber_sleuth_v100.MP4 ).

 

Langkah 2 :

Copy file tersebut ke folder “Videos” yang telah di tetapkan pada saat anda melakukan instalasi QCMA.

Secara default akan diletakkan di C:\Users\[nama user]\Videos. Jalankan Aplikasi QCMA, Kemudian hubungkan PS Vita anda ke komputer menggunakan kabel USB.

 

Langkah 3 :

Jalankan aplikasi “Content Manager” Pada PS Vita, Kemudian pilih “Copy Content”, Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, maka akan muncul nama komputer anda sebagai “Connected Device”.

Pilih Copy Content “PC —> Ps Vita System”, lalu pilih “Video”. Kemudian pilih file Game yang telah anda rename sebagai video pada Langkah Pertama.

Centang, kemudian pilih “Copy”. Tunggu sebentar sampai proses copy selesai ( di PS Vita saya, progress bar dengan cepat naik sampai 100% tetapi nampaknya proses copy belum selesai sebelum ada tulisan completed ).

 

Langkah 4 :

Setelah selesai copy, jalankan “Vita Shell” yang telah di install pada saat instalasi Henkaku.

Pilih “ux0:” untuk masuk ke memory card, kemudian folder “video” lalu subfolder satu lagi ( di saya namanya “52” ).

Di dalam folder itu anda akan nampak file yang telah anda copy. Pilih file tersebut lalu buka menu dengan menekan segitiga, lalu pilih “Rename”. Ganti MP4 di belakang file menjadi VPK kembali. Setelah itu jalankan file tersebut dengan tombol X. Tunggu sejenak sampai instalasi selesai.

proses_instalasi

 

Langkah 5 (Opsional ) :

Jika dilakukan dengan benar, maka di main menu anda akan muncul icon untuk game tersebut. Silahkan Bermain. By The Way Anda boleh melakukan delete pada file VPK yang telah selesai di install.

berhasil!