Penjelasan Mengenai Bermain Game Bajakan PS Vita

Pada post sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai Bermain Game Bajakan Di Ps Vita, Update Manual PS Vita ke Firmware 3.60, Instalasi Henkaku di PS Vita dan Transfer dan bermain Game Bajakan PS Vita VPK.

Edit : Dengan Henkaku terbaru sekarang ini, kita dapat langsung melalukan copy ke PS Vita melalui kabel USB secara langsung. Simak artikelnya di Copy dan Install Game Bajakan PS Vita

Edit terbaru :

OFW versi 3.65+ bisa bajakan? BISA!! Coba Googling “H-Encore”.

Post terakhir bermain Game Bajakan PS Vita VPK itu mungkin banyak yang kurang paham. Berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang mungkin banyak ditanyakan :

Tanya 1 : Apakah benar Game PS Vita sudah ada bajakannya ?
Jawab 1 :

Benar, exploit / CFW kalo bahasa kita, yang di rilis oleh Team Molecule memungkinkan kita untuk menjalankan kode yang tidak di kunci dan homebrew pada PS Vita versi 3.60. Ditambah lagi dengan aplikasi dumping Vitamin oleh Team Freek dan MaidumpTool, kita dapat melakukan dump Game PS Vita, sehingga Bermain Game Bajakan PS Vita dapat terjadi.

Tanya 2 : Selain bermain Game Bajakan, apa lagi yang dapat dilakukan?
Jawab 2 :

Instalasi homebrew / emulator melalui file .vpk, menggunakan akun berbeda pada satu memory card, mengakses seluruh file sistem ps vita dan melakukan upload atau download file melalui FTP, edit dan mod Game ( cheat, undub, dll ). dan masih banyak lagi.

Tanya 3 : Bagaimana Cara instalasi HenKaku?
Jawab 3:

Coba lihat link diatas.

Tanya 4 : Apakah ada cara supaya tetap dapat menggunakan Henkaku tanpa internet?
Jawab 4 :

Menggunakan eksploit henkaku local email, atau menggunakan PC based henkaku. ( akan dijelaskan di posting lainnya )

Tanya 5 : Apakah bedanya VPK dengan Mai?
Jawab 5 :

VPK adalah file dump yang telah di package, sehingga untuk instalasi kita bisa langsung klik dari vitashell, tidak usah menggunakan software pihak ke 3 lainnya. Kelebihan dari metode ini ada di kemudahannya, kita hanya perlu melakukan copy satu file ke memory card dan dapat diakali dengan mengganti format ke mp4 supaya kita bisa copy menggunakan content manager melalui USB ( copy melalui FTP cenderung lambat kecepatannya). Kekurangannya adalah kita harus menyiapkan free space dobel, jika game kita 2.5gb maka kita harus menyiapkan minimal 5gb untuk copy dan instalasi. Selain itu DLC dan patch tidak dapat diinstall menggunakan metode ini. Kekurangan paling fatal adalah tidak adanya security scan kepada VPK yang akan kita install, sehingga jika ada code yang bisa membuat PS Vita padam total, maka code itu akan terinstall dan hasilnya ps vita akan langsung padam total ( cara ini riskan sekali dan saya tidak terlalu merekomendasikannya ).

Mai adalah file dump yang tidak di package, dan biasanya kita download dalam bentuk zip dengan folder dan banyak file di dalam folder tersebut. Untuk instalasi Mai kita memerlukan aplikasi MaiDumpTool. Banyak kelebihan dari metode ini, dan belakangan ini Game Bajakan PS Vita dengan Mai adalah yang paling diminati karena cenderung stabil. Selain itu kita dapat melakukan instalasi patch dan DLC menggunakan metode maidump. Kelebihan yang menurut saya paling penting adalah dengan metode Maidump, sebelum Game Bajakan di install, file akan terlebih dahulu di scan dan cek supaya tidak ada code yang bisa merusak Ps Vita. Kekurangannya adalah untuk melakukan transfer lebih mudah menggunakan FTP karena jumlah file yang lebih banyak dan transfer file melalui FTP kecepatannya amat lambat. Walaupun hal ini bisa diakalin tetapi tetap saja lebih repot daripada copy file VPK.

Tanya 6 : Saya membiarkan PS Vita saya masuk ke mode sleep, tetapi pada saat saya hidupkan kembali, game yang sedang saya mainkan tidak bisa melakukan save game ( save file corrupt ).
Jawab 6 :

Ini adalah masalah yang telah ada sejak pertama kali Game Bajakan PS Vita bisa dimainkan, dan belum ada solusi yang benar-benar konkrit. salah satu cara yang katanya menyelesaikan error ini adalah dengan mengganti file bernama “list.dat” yang terletak pada ux0:/user/00/savedata_backup dengan sebuah folder bernama “list.dat”. File list.dat boleh di rename menjadi list.backup.