Copy dan Install Game Bajakan PS Vita

Teknologi bajakan PS Vita masih berkembang sampai sekarang. Tadinya kita melakukan Copy dan Install Game Bajakan PS Vita dengan menggunakan metode ftp dan qcma. Tetapi sekarang ini jika kita menggunakan Henkaku terbaru dan VitaShell versi 1.5, kita dapat melakukan Copy dan Install Game Bajakan PS vita dengan mudah dan cepat.

vita taihen R7

Pertama-tama yang kita butuhkan adalah file game PS Vita. File game ada beberapa macam yaitu :

1. File VPK

Game dengan format VPK dapat langsung diinstall dengan menjalankan file .vpk tersebut tanpa bantuan aplikasi lainnya. Cara ini praktis tetapi kurang aman, karena tidak ada mekanisme untuk mengecek apakah file tersebut berisi kode yang dapat merusak PS Vita kita. Selain itu Plugins dan Dlc tidak bisa jalan memakai metode ini.

2. File Mai Dump

Game dengan format ini biasanya didownload dalam bentuk .zip atau .rar yang didalamnya berisi folder sesuai kode game dan di dalam folder berisi banyak file2 lainnya.

Untuk melakukan instalasi file game Maidump harus menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi kelebihan dari Maidump terletak di adanya filter yang mendeteksi file game yang kt download itu bs merusak PS Vita atau tidak, disamping itu DLC dan Patch dapat berjalan menggunakan metode ini.

3. File VitaminDump

Mirip dengan MaiDump, tetapi file ini di dump menggunakan aplikasi yg bernama Vitamin. Sekarang ini popularitas Vitamin sudah dibawah Maidump.

3 jenis file game diatas tidak saling compatible, file vpk tidak dapat diinstall dengan cara mai dan vitamin demikian pula sebaliknya.

Dibawah akan saya jelaskan cara transfer / Copy dan Install Game Bajakan PS Vita

Step by step :

  1. Lakukan Instalasi Henkaku seperti yang telah saya tulis di artikel sebelum ini.
  2. Jalankan aplikasi Molecular Shell dan update vita shell ke versi 1.5.
  3.  PENTING!! – Setelah update, jalankan aplikasi Molecular Shell lagi, jika terlihat Home ( Safe Mode ), tekan start dan cari opsi “run unsafe homebrew” ganti option off jadi “on”. Jika anda tidak melakukan step ini, anda tidak akan bisa melakukan copy dan Install game bajakan ps vita.

    unsafe honmebrew

  4. Jalankan aplikasi Vita Shell versi 1.5, kemudian tekan select, hubungkan ps vita ke usb komputer. Maka akan muncul ps vita anda seperti flashdisk. Enable hidden file di opsi windows jika anda tidak dapat melihat folder list.
  5. Nikmati copy dengan kecepatan usb standar 😀 .. Jika anda menggunakan metode maidump, copy Game Bajakan ke folder mai, jika anda menggunakan vpk, copy seperti biasa.

Catatan :

Saya tidak akan membalas atau merespon pertanyaan : Firmware saya 3.6X gan.. bisa ga yah? firmware diatas dan dibwah 3.60 tidak bisa menggunakan henkaku. titik.

Untuk yang bermasalah dengan error tidak bisa save game setelah sleep, saya telah menuliskan solusi nya di Penjelasan Mengenai Bermain Game Bajakan PS Vita.