Jangan Memberikan Gadget Ke Anak Kecil

Perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju membuat kehidupan semakin mudah, internet terkoneksi 24 jam sehingga kita bisa mengakses informasi dari seluruh dunia kapan saja melalui gadget ( handphone, tablet dll ). Tanpa kita sadari, kita telah melakukan satu hal FATAL yaitu Memberikan Gadget Ke Anak Kecil.

Kasus pertama, Pada saat saya makan di restoran kemarin, saya melihat ada orang tua yang memberikan anaknya IPAD untuk nonton kartun, bayangkan saja anak yang masih belum bisa bicara dengan lancar disuruh nonton, pada kasus pertama ini, dampak secara langsung belum terlihat.

Kasus kedua, Beberapa waktu lalu, ketika saya sedang jalan-jalan di mal, ada anak umur sekitar 11 tahun sedang duduk sambil main IPAD, mengejutkan sekali, anak itu memakai kacamata yang sangat tebal seperti dasar botol.

Dari dua contoh itu, bisa kita ambil kesimpulan, jika anak dibiarkan terekspos kepada layar datar dari muda, besar kemungkinan dia akan menjadi seperti anak di contoh kedua, anak kecil yang memakai kaca mata setebal kaca botol beling. Apa yang terjadi saat dia beranjak dewasa? bukankah mata nya akan menjadi semakin parah? apakah dia akan buta pada satu titik?.

Dua contoh diatas adalah kasus kerusakan fisik akan dampak negatif yang disebabkan oleh gadget, selain kebutaan dan kerusakan mata, dampak fisik yang mungkin terjadi adalah bungkuk, tulang leher tidak berkembang secara sempurna karena sering menunduk.

Selain dampak fisik, pasti dampak psikologis juga gak kalah banyak, pada beberapa artikel yang saya baca, beberapa dampak psikologisnya adalah autisme, anti-sosial dan mungkin masih banyak lagi.

Contoh paling nyata adalah anak Bill Gates dan Steve Jobs yang tidak diberikan Gadget sejak usia muda. Bayangkan saja mereka berdua bisa dibilang adalah bapaknya teknologi gadget dan komputer moderen. Bill Gates pendiri microsoft dan Steve Jobs pendiri Apple.

Dua orang yang amat berpengaruh di dunia teknologi tersebut pasti lebih tahu dampak gadget kepada anak kecil daripada kita orang awam. Steve Jobs sendiri malah dicaci maki oleh anaknya karena dia adalah bos apple dengan Iphone yang fenomenal, anak-anak sebaya anaknya semua memakai gadget (Iphone) tetapi anaknya sendiri tidak diperbolehkan memakai gadget sampai umur 13 tahun.

Anak kecil dengan otak dan syaraf motorik dan visual yang masih berkembang hendaknya diberikan mainan tradisional yang sudah terbukti merangsang perkembangan otak. Bukan malah orang tua merasa canggih bahwa anak sudah bisa pakai HP sejak kecil ( gak usah bangga lah istilahya ).

Malah ada teman saya yang mengatakan bahwa mereka memberikan gadget kepada anak supaya tidak rewel anaknya. Egois bukan? mengorbankan masa depan anak demi anaknya gak rewel. Padahal masa kecil anak itulah paling penting membiarkan dia bereksplorasi dengan barang-barang disekitar dia dan menghabiskan waktu didampingi oleh orang tua.

Coba riset dengan search google “Dampak Memberikan Gadget kepada anak kecil sejak dini”. Saya yakin semua artikel di internet pasti tidak menyarankan kita untuk memberikan gadget kepada anak kita, demi masa depan mereka.

Saya pribadi berkomitmen tidak akan memberikan gadget kepada anak sebelum dia umur 13 tahun. Seperti yang diceritakan oleh motivator-motivator terkemuka “contohlah orang sukses”. Malah kalo bisa, saya tidak akan menghabiskan waktu memegang gadget terlalu banyak didepan anak saya supaya dia tidak mencontoh kelakuan saya.