Menjual Barang Second di Online Shop

Zaman sekarang, Online Shop semakin marak dan kita semakin mudah Menjual Barang Second di Online Shop. Tidak seperti dulu dimana untuk membuka online shop kita harus membeli hosting sendiri atau merangkai kalimat dan thread di kaskus, sekarang ini berjualan di online shop dapat dilakukan di banyak platform online shop.

Provider platform online shop banyak, mulai dari Bukalapak, OLX, Shopee, blibli sampai Tokopedia. Masing-masing punya user base dan spesialisasi sendiri. Saya pribadi gak pernah pakai yang lain selain olx dan tokopedia. Dengan olx saya pakai buat jual mobil second saya dan tokopedia untuk barang elektronik second. Jadi yang dibahas disini akan lebih dikhususkan ke pengalaman Tokopedia.

Salah satu keunggulan dari menggunakan platform toko online adalah di kemudahan transaksi untuk pembeli dan penjual. Sebagai pembeli, karena dana terlebih dahulu ditahan oleh platform tersebut (escrow), maka kita dapat mengecek terlebih dahulu barang yang dikirim apakah bagus sesuai deskripsi penjual, untuk kemudian kita konfirmasi. Jika barang tidak sesuai, kita tinggal melayangkan complain untuk kemudian ditindaklanjuti. Selain dari peace of mind karena fasilitas escrow, pembeli juga dapat membeli dengan fasilitas cicilan kartu kredit, pembayaran dari berbagai macam bank dan fintech, serta pilihan kurir yang banyak, semua dalam satu aplikasi. Saya pribadi sebagai pembeli malah spesial membeli barang online melalui platform daripada jalur pribadi seperti facebook, instagram atau forum kaskus.

Sebagai penjual, kita juga diuntungkan dengan pilihan pembayaran yang banyak, sehingga kita tidak perlu bekerjasama dengan banyak bank. Selain itu barang akan lebih mudah terjual karena pembeli merasa aman membeli melalui platform online shop, apalagi jika kita adalah tipe penjual yang fair dan jujur. Khusus platform tokopedia juga telah bekerja sama dengan Gojek dan grab, jadi pada saat pengiriman kita tidak perlu memesan kurir secara manual. Tinggal klik aplikasi dan kurir akan datang. Label alamat juga tidak usah diketik manual, tinggal klik, print dan tempel. Sebagai penjual tugas kita hanya melakukan packing dan mengantar pesanan ke kurir (untuk kurir selain Grab/Gojek).

Apakah untuk menggunakan Tokopedia sulit? Pemasangan iklan jualan juga relatif mudah dan simpel. Pada saat kita membuat akun pembeli, sebenarnya secara otomatis kita juga sudah mendapatkan akun penjual. Tinggal kita baca baik-baik kolom isian dan ikuti instruksi pada layar. Malah khusus tokopedia, mereka menyediakan FAQ yang berisi tips untuk membuat iklan produk yang menarik. Jika kita memiliki stock terbatas atau produk kita memiliki beberapa varian warna atau tipe, di aplikasi tokopedia juga telah disediakan fitur stock dan tipe varian.

Contoh Online Shop saya :

Anonymond's Items

Selama harga cocok dan kondisi barang kita masih bagus, mudah sekali menjual barang via platform seperti ini. Gratis tanpa dikenakan biaya sama sekali. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya membership jika sudah mulai serius menekuni bisnis online shop dengan membeli gold membership.

Saya sendiri telah berjualan sekitar 10 transaksi melalui tokopedia. Rata-rata barang yang saya jual adalah barang elektronik bekas yang sudah tidak terpakai, daripada digeletakkan dan rusak lama-lama, mending dijual saja, lumayan bisa jadi duit.