Mengatasi Windows 10 Memakan Quota Internet

Ini merupakan hal yang bisa terjadi kepada semua pemakai Windows 10. Secara diam-diam Windows 10 Memakan Quota Internet kita. Mungkin saja banyak yang mendapati masalah seperti yang saya hadapi. Kebetulan saya mempunyai satu komputer yang ditaruh di lokasi dengan Internet kuota terbatas / Bolt.

Di tempat itu, secara kebetulan juga kecepatan internetnya pas-pas an karena sinyal nya jelek. Setiap kali saya menghidupkan komputer saya ini, jaringan akan terasa berat dan tidak bisa digunakan, lebih parah lagi, kuota Internet saya bisa terpotong banyak padahal saya tidak terlalu intens memakai internet.

Awalnya saya menyalahkan BOLT curang dalam menghitung Quota, tetapi lama-lama saya penasaran kemudian membuka task manager, kemudian di tab Performance, Saya klik “Open Resource Monitor” yang terletak di sebelah bawah window task manager. Pada tab Network .. eng ing eng..

Ada proses dari svchost.exe ( netsvcs ) yang sedang menyedot bandwidth dan Quota Internet saya.

Hal pertama yang saya lakukan adalah meneliti apakah WINDOWS UPDATE sedang berjalan, apabila windows update yang menyedot bandwidth, saya bakalan ikhlas dan relakan saja.. ternyata.. WINDOWS UPDATE TIDAK MELAKUKAN APA-APA. Saya pun makin curiga, dan kemudian saya baru teringat, sepertinya pada saat saya oprek-oprek settingan Windows 10 ini, saya melihat ada opsi untuk melakukan Windows Update secara peer-to-peer.

Update peer-to-peer ini sebenarnya fungsinya ini seperti Torrent, masing-masing klien windows dapat saling mengirim dan menerima file update supaya update dapat dilakukan dengan cepat. Tetapi yang jadi masalah adalah jika kita sedang berada pada koneksi Internet yang Quotanya terbatas dan kecepatannya terbatas, maka hal ini akan amat merugikan kita.

Berikut adalah cara Mengatasi Windows 10 memakan quota internet sekaligus memakan bandwidth :

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat koneksi wifi menjadi “Metered Connection”. Dengan melakukan hal ini, seharusnya Windows 10 akan dengan otomatis membatasi “pembajakan” bandwidth yang mereka lakukan.

 

Step 1 :

Pertama-tama klik pada icon Network di sudut kanan bawah pada layar, kemudian pilih “Network Settings”

network-settings

Step 2 :

Setelah halaman Settings muncul, pilih “Manage Known Networks”

manage-known-networks

Step 3 :

Pilih koneksi yang sedang anda pakai, kemudian “Properties”

 

Step 4 :

Pada saat halaman properties muncul, cari tombol “Metered Connection”, lalu aktifkan.

Seharusnya dengan 4 step diatas ini sudah bisa menghentikan “pembajakan kuota” oleh Windows 10, tetapi saya masih merasa paranoid dan kurang aman. Saya harus menghentikan fungsi peer-to-peer update dengan langkah-langkah berikutnya :

Step 1 :

Klik Start ( Logo windows ) kemudian ketik “windows update”.

 

 

Step 2 :

Akan keluar daftar aplikasi, klik pada “Advanced Windows Update Options”

Step 3 :

Pilih “Choose How Updates Are Delivered”. Bentuk menu ini seperti link jebakan betmen pada website, tipis berwarna abu-abu dan tidak mencolok, seakan-akan sengaja dibuat seperti tidak bisa di klik dan agak tersembunyi supaya tidak terbaca.

 

Step 4 :

Non-Aktifkan fitur  “Update from more than one place”

 

Setelah step ini dilakukan, cek Resources Monitor lagi, alhasil jaringan akan terasa lebih ringan dan kuota tidak akan habis mendadak. Silahkan dicoba cara Mengatasi Windows 10 Memakan Quota Internet ini.

Note :

Tetapi untuk pemakai VGA Card NVIDIA jangan senang dulu, masih ada aplikasi NVIDIA yang bisa diam-diam memakan Quota Internet dan Bandwidth kita. hehehe..

2 Comments

Komentari Tulisan