Pengalaman Mengurus Izin Menggunakan AJIB

Hari ini akhirnya saya akan menulis tentang Pengalaman Mengurus Izin Menggunakan AJIB. Bagi yang belum tahu, AJIB adalah salah satu fasilitas pengurusan izin, dimana persyaratan untuk izin yang akan kita buat akan dijemput ke kantor kita, sehingga kita tidak perlu hadir secara langsung di kantor pemerintah. Singkatan AJIB adalah Antar Jemput Izin Bermotor. Setahu Saya fasilitas ini hanya ada di DKI Jakarta.

Update H+20 : Izin API-U saya telah selesai dibuat, dianterin oleh staff AJIB ke kantor saya. Benar-Benar praktis dan mantap. Saya lagi-lagi ingin memberi tip, tetapi si bapak mengatakan “tidak usah, pelayanan ini tidak dipungut biaya, cukup kasih bintang 5 di aplikasi dan review yang baik”. Jangankan bintang 5, kalo cara kerjanya spt ini bintang 10 jg saya kasih neh. hehehe..

Mengurus Izin Menggunakan AJIB

Saya menulis ini karena saya telah dua kali mengurus izin melalui AJIB, kedua-dua kalinya saya mengurus izin menggunakan AJIB, saya mencoba untuk memberikan uang tip kepada staff yang datang untuk mengambil surat-surat persyaratan. Bukannya mau menyogok, tetapi saya merasa sangat terbantu, ikhlas dan berterima kasih. Driver Go-Jek atau taxi aja sering saya beri tip. Tetapi yang selanjutnya terjadi membuat saya salut, si bapak yang datang mengambil surat-surat tidak mau menerima uang tersebut ( nominalnya lumayan sebenarnya, bisa untuk 3 gelas starbucks ). Oleh karena itu, yang paling minimal bisa saya lakukan adalah menulis review baik 2 jempol untuk layanan AJIB.

Dengan pelayanan izin yang sekarang ini lebih mudah, cepat dan GRATIS. Kita tidak butuh jasa calo sama sekali. Bukannya saya mau mematikan bisnis calo sih, tetapi kalo bisa GRATIS kenapa engga.

Kebetulan, yang saya urus tadi adalah izin untuk API-U ( Angka Pengenal Importir – Umum ), jika kita memakai jasa calo, mereka biasanya mematok harga 1-3.5 juta untuk sekali urus, tetapi dengan mengurus sendiri, biayanya 0 alias GRATIS. Berikut saya tuliskan langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama, kunjungi website http://pelayanan.jakarta.go.id/ kemudian klik di bagian Lihat Jenis Izin dan Syaratnya
  2. Pada kolom cari, ketikkan “angka pengenal importir”, kemudian klik “CARI”. Lalu klik pada hasil pencarian.cari izin
  3. Cek dan teliti persyaratan yang dituliskan di website, lengkapi seluruh persyaratan tersebut.
  4. Setelah langkah-langkah diatas. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurusi API-U ini, cara konvensional pertama adalah dengan pergi ke kantor PM & PTSP di Kebon Sirih untuk antri pada jam kerja, cara kedua adalah mengambil antrian online dari website ini juga. Jeleknya antrian online ini adalah kita hanya bisa mengambil antrian pada pukul 07:00-11:00 pagi, dan nomor antriannya pun terbatas, serta kita bisa mengambil nomor untuk hari H+1 saja. Cara yang saya akan bahasa disini adalah menggunakan AJIB, yaitu cara ketiga.
  5. AJIB dapat dipesan dengan dua cara, menggunakan Aplikasi Android, atau dengan telepon ke call centre 021-1500164. Untuk telepon ke call centre, saya sarankan sekitar jam 8.30 pagi dan jangan lewat dari jam 11 siang, apalagi jam makan siang.

Setelah 5 langkah diatas selesai, kita akan dihubungi oleh staff AJIB untuk janjian pengambilan dokumen-dokumennya jam berapa.

Benar-benar mantap sekali pelayanan publik pada saat tulisan ini saya tulis, kita sekarang sudah bisa mengurus segala perizinan sendiri, tidak usah menggunakan calo, GRATIS. Selama kita mengikuti aturan dan melakukan semuanya secara legal.

 

Komentari Tulisan