Copy dan Main Game PS Vita Bajakan NoNpDRM

Copy dan Main Game PS Vita Bajakan NoNpDRM adalah cara paling baru pada saat tulisan ini dibuat. Sebelumnya saya telah menulis tentang Cara Copy dan Main Game PS Vita Bajakan menggunakan MAIDUMP. Cara tersebut sebenarnya sudah lumayan ampuh, tetapi ada beberapa kelemahan seperti save file bisa corrupt sewaktu-waktu, ada beberapa game yang harus di overclock untuk memainkannya, dan game yang tersedia cukup sulit untuk ditemukan bagi orang awam ( yang tidak mengerti ).

Cara terbaru ini jauh lebih mudah untuk digunakan, file game dapat di download langsung dari PSN, dan secara kompatibilitas sudah pasti jauh diatas metode lainnya. Prinsip kerja NoNpDRM adalah dengan menipu PS VITA dan melakukan inject license key kedalam game yang akan kita mainkan, sehingga PS Vita merasa bahwa game yang kita mainkan adalah game original, dengan metode ini anda dapat melakukan update dan download DLC secara online.

Alat-alat yang diperlukan :

  1. PS VITA firmware 3.60 yang telah dilengkapi dengan HENKAKU terbaru / TaiHen. Bagi yang belum melakukan update dapat melihat artikel UPDATE FIRMWARE PS VITA SECARA MANUAL KE VERSI 3.60 dan INSTALASI HENKAKU DI PS VITA yang telah saya tulis sebelum ini. MOHON MAAF, untuk firmware diatas 3.60 TIDAK BISA MENGGUNAKAN EXPLOIT INI.
  2. Download file nonpdrm.skprx dari https://github.com/TheOfficialFloW/NoNpDrm/releases
  3. File PKG game dan key dapat dicari dari NoPayStation Database di REDDIT Jika akses anda ke reddit diblokir, silahkan download backupnya di link ini. Link yg selalu update : https://nopaystation.com
  4. Aplikasi pkg_dec dari http://bit.ly/pkg_dec_windows_latest

Langkah-Langkah :

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan file game terlebih dahulu. Jika anda membuka spreadsheet yang saya attach, silahkan download file PKG melalui link yang diberikan. Saya tidak akan menyertakan screenshot demi keamanan. Download melalui baris “PKG DIRECT LINK”, kemudian copy ke notepad baris ZRIF disamping.
  2. Ekstrak aplikasi pkg_dec yang telah di download dan satukan aplikasi tersebut ke folder dimana anda menaruh file PKG yang telah di download.
  3. Jalankan command prompt dengan cara menulis “CMD” pada file location di bagian atas file explorer.
  4. Ketik perintah pkg_dec –make-dirs=ux –license=[baris zrif yg telah dicopy] [namafile].pkg ( minus 2x tanpa spasi – – make-dirs.. dan license.. bukan sekali – entah kenapa jika langsung dicopy minus nya akan muncul sekali saja) Jika benar, maka akan muncul folder app ( dan mungkin folder lainnya) di dalam folder tersebut. Saya sarankan nama file di ganti supaya mudah pengetikannya. Contoh penulisan : pkg_dec –make-dirs=ux –license=KO5ifR1dQ+e7BpgYGptAVRtagO33Dw73cAnzDHF0d/R1NQSagQfkXZu97rdJzM5jOz8V+7OqraMstFg2jKYY2gIA5+oWVngA oddword_SW.pkg
  5. Langkah selanjutnya saatnya instalasi plugin NoNpDRM, saya berasumsi anda telah familiar dengan cara Copy atau Transfer File ke PS Vita anda melalui kabel USB. Copy file nonpdrm.skprx ke folder “tai” di dalam PSVITA ( ux0:tai ).
  6. Cari file config.txt di dalam folder tersebut. Pada opsi windows, jangan centang hide protected system files dan centang show hidden files jika anda tidak dapat menemukan file tersebut. Buka file tersebut menggunakan aplikasi Notepad++. Jika anda menggunakan notepad biasa, anda akan bingung membaca file tersebut. Tambahkan “ux0:tai/nonpdrm.skprx” Setelah baris KERNEL. Kemudisan save.
  7. Restart PS VITA anda, kemudian aktifkan kembali HENKAKU.
  8. Copy file game di folder app yang telah anda siapkan di langkah pertama kedalam folder app di dalam PS VITA.
  9. Jalankan Vita Shell, kemudian tekan tanda SEGITIGA, kemudian pilih “Refresh Live Area”. ( Jika anda masih menggunakan Vita Shell versi lama, menu ini tidak akan muncul, koneksikan PS Vita anda ke wifi kemudian jalankan auto update VITA SHELL ).
  10. Game yang telah anda copy akan muncul di Live Area.

Selamat bermain, jika anda menyukai game tersebut, saya sarankan beli game itu untuk menunjukkan support kita kepada game developer tersebut. Saya menggunakan bajakan, tetapi saya juga membeli game jika saya menyenanginya.

4 Comments

Komentari Tulisan